Dilengkapi Fasilitas Ruang Menyusui dan Klinik, Terminal Pacitan Makin Ramah dan Modern

oleh -Dibaca 1.311 kali
Ruang fasilitas publik di terminal Pacitan. (Foto: Dishubkominfo)
Ruang fasilitas publik di terminal Pacitan. (Foto: Dishubkominfo)
Ruang fasilitas publik di terminal Pacitan. (Foto: Dishubkominfo)
Ruang fasilitas publik di terminal Pacitan. (Foto: Dishubkominfo)

Pacitanku.com, PACITAN – Terminal tipe A yang menjadi terminal terbesar di Kabupaten Pacitan semakin lengkap dengan adanya berbagai fasilitas pelayanan publik yang memanjakan pengunjung dan warga Pacitan. Dan tiga pekan menjelang Lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) melengkapi fasilitas di terminal yang terletak di dekat rumah masa kecil Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Berdasarkan pantauan Portal Pacitanku, kamis (25/6/2015), terminal tipe A Pacitan kini dilengkapi dengan ruang khusus menyusui, kemudian ruang smooking area dan juga klinik pemerikasaan kesehatan bagi awak angkutan dan warga sekitar terminal.

Terminal yang diresmikan pada Februai 2014 ini diketahui memang menjadi terminal dengan konsep modern. Terminal ini dilengkapi dengan fasilitas utama, penunjang dan umum, infrastruktur yang menelan anggaran 41,5 M itu siap untuk menampung bus dan kendaraan umum lain yang datang ke Pacitan. Terutama, pada sat momen mudik lebaran yang biasanya penuh sesak kendaraan angkutan baik antar kota antar provinsi atau antar kota dalam provinsi.

Selain kelengkapan fasilitas, teknologi yang dikembangkan dibalik pembuatan terminal terbesar di Pacitan ini juga teknologi ramah lingkungan. Terminal Pacitan yang masuk kategori terminal tipe A ini dilengkapi dengan pemasangan panel tenaga surya di lingkungan terminal dengan kapasitas 70 KW. Tenaga surya ini bertujuan untuk mendukung penyediaan energi yang terbarukan dan lebih ramah bagi lingkungan serta pada akhirnya dapat membantu menunjang operasional terminal.

Dengan adanya berbagai fasilitas lengkap itu, keberadaan Terminal Pacitan yang baru ini semakin menjadikan fasilitas publik di Pacitan ini nyaman bagi masyarakat, khususnya para pemudik yang akan memanfaatkan terminal ini pada momen Lebaran tahun ini.

Terminal yang dikelola Dishubkominfo Pacitan ini rencananya juga akan menggelar mudik dan balik gratis. Untuk mudik gratis dari Surabaya menuju ke Pacitan pendaftaran dimulai pada Sabtu (27/6/2015) di kantor Dishub dan LLAJ Provinsi Jawa Timur, sementara untuk arus balik gratis dari Pacitan menuju ke Surabaya dimulai pada 21 Juli 15 di kantor Dishubkominfo Pacitan di Kompleks Terminal Pacitan. Untuk syarat yang diperlukan untk mudik dan bali gratis adalah foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) bagi calon penumpang. (RAPP002)