Gubernur: Jalan di Jatim Mulus dan Siap Buat Mudik

oleh -Dibaca 1.763 kali
JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman

Pacitanku.com, SURABAYA – Meski agenda tahunan mudik Lebaran baru akan terjadi sekitar dua pekan kedepan, namun Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan kondisi jalanan di Jatim siap digunakan untuk keperluan arus mudik dan arus balik Lebaran 2015.

Menurut pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini, kondisi jalan secara umum sudah siap dan perbaikan di beberapa titik jalan di Jatim sudah selesai dan sekarang jalannya mulus. Dikatakan Pakde Karwo, dari 1.769,9 kilometer panjang jalan yang dimiliki provinsi, 89 persen di antaranya dalam kondisi telah diperbaiki dan sangat mulus.

“Hanya sekitar 21 persen saat ini dalam proses penambalan yang diperkirakan akan rampung sebelum H-7 Lebaran,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (19/6/2015).

Sementara, untuk jalan nasional yang letaknya di Jatim, imbuhnya, sesuai Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 391 Tahun 2009, menunjukkan jika panjang jalan nasional di Jawa Timur mencapai 2.027 kilometer. Jalan tersebut meliputi Lintas pantai utara 469,296 kilometer, lintas tengah 193,915 kilometer, lintas selatan 620,067 kilometer dan jalur penghubung lintas 743,727 kilometer.

Menurut Pakde Karwo, dari total jalan nasional, 85 persen di antaranya juga sudah dalam kondisi bagus, hanya sekitar 25 persen yang saat ini dalam perbaikan dan diharapkan juga telah selesai pada waktunya.

Selain itu, untuk kondisi jalan tol, pihaknya memastikan bisa mengurai kepadatan di jalur padat, khususnya menghubungkan Surabaya-Malang dengan selesai diresmikannya tol Gempol-Pandaan.

Saat ini, pihaknya juga telah membentuk tim yang bertugas memonitor kondisi jalan yang ada di provinsi paling timur Pulau Jawa tersebut. “Tim ini akan dilengkapi dengan peralatan penambal aspal sehingga jika ditemukan jalan berlubang akan langsung bekerja untuk melakukan penambalan,” tutup pria asal Madiun ini. (RAPP002)