Begini Pesan Istri Bupati Pacitan untuk Para Orang Tua

oleh -101.304 views
Luky Indartato dalam sebuah acara di Sekolah. (Foto: PKK Pacitan)
Luky Indartato dalam sebuah acara di Sekolah. (Foto: PKK Pacitan)
Luky Indartato dalam sebuah acara di Sekolah. (Foto: PKK Pacitan)
Luky Indartato dalam sebuah acara di Sekolah. (Foto: PKK Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Istri Bupati Pacitan, Luky Tri Baskorowati Indartato yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Gerakan Orang Tua Asuh (LGOTA) Kabupaten Pacitan menyampaikan pesan kepada para orang tua terkait keharmonisan hubungan dengan anak. Menurut Luky, sebagai orang tua,  waktu khusus bagi anak memang sangat dibutuhkan.

“Jangan hanya karena disibukan dengan karier, lantas lupa kewajibannya sebagai orang tua terhadap anak, hal ini jamak terjadi pada wanita karier, karena kesibukannya, sehingga lupa akan kodratnya sebagai seorang ibu atas anak-anaknya. Kondisi ini mestinya tidak boleh terjadi. Sesibuk apapun, mengasuh anak merupakan prioritas yang tak boleh diabaikan,” jelas perempuan yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten itu, saat momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) belum lama ini.

Lebih lanjut, Luky menghimbau kepada para orang tua untuk lebih menempatkan posisi anak sebagai mitra, bukan lagi sebagai aset atau objek kecil didalam keluarga yang bisa seenaknya sendiri diperlakukan oleh orang tua.

“Anak harus diberikan porsi lebih dalam mengembangkan ide-ide kreatifnya. Sementara orang tua, berkewajiban memberikan pendampingan dan arahan agar anak tidak salah jalan,” tandasnya.

Biasanya, imbuh Luky, orang tua baru tersadar ketika salah satu dari anak-anaknya ada yang tersandung masalah. Fenomena seperti ini, diharapkan jangan sampai terjadi di era digital seperti sekarang ini. “Sebab lingkungan pergaulan, sangat menentukan tumbuh kembang anak. Disinilah peran orang tua dalam mengasuh anak sangat diperlukan,” katanya.

Pemkab Pacitan menyampaikan data ada sekitar 2349 anak asuh yang ditangani LGOTA. Para anah asuh tersebut, kata Luky, tersebar di sejumlah jenjang pendidikan. “Yaitu, SD/MI, dan SLB. Sedangkan jenjang SMA/MA, tercatat sebanyak 500 anak. bantuan hasil donasi dari para anggota LGOTA yang tersebar di 48 SKPD, Insya Allah akan diserahkan pada Agustus nanti,” pungkas Luky. (yun/RAAPP002)