Bulan Ramadhan, Para PNS di Indonesia Kebanjiran Fulus

oleh -0 Dilihat
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)

Pacitanku.com, JAKARTA – Sebulan jelang Ramadhan, kabar gembira kembali diterima para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Hal itu dipsatikan setelah pemerintah berencana akan mencairkan rapelan gaji enam persen sejak awal tahun ini dan pembayaran kaji ke-13.

Menurut Suwardi, Kabag Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan, meski surat petunjuk Menteri Keuangan (PMK) memang belum keluar, namun, untuk tahun ini gaji dimajukan Juni mengingat kebutuhan pembayaran sekolah.“Kemungkinan besar akhir Juli gaji ke-13 juga cair karena kan banyak yang butuh untuk bayar sekolah anak-anak,” katanya, selasa (12/5/2015) kemarin.

Namun demikian, Suwardi menyatakan bahwa ada penurunan terkait kenaikan gaji tersebut dibandingkan tahun lalu. Diketahui, sebelumnya, PNS golongan satu sampai tiga menerima kenaikan gaji sebesar sepuluh persen. Sementara, golongan empat sebesar enam persen, sementara pada tahun ini seluruhnya merata enam persen. “Kenaikan tahun ini memang lebih kecil menjadi enam persen. Besarannya merata untuk semua golongan (I sampai IV),” paparnya.

Setiap tahunnya KemenPAN-RB selalu mengusulkan besaran kenaikan gaji PNS di kisaran 10-15 persen. Namun, realisasinya tergantung kemampuan anggaran negara. Kendati kenaikan gaji menurun, PNS tetap mendapatkan peningkatan tunjangan kinerja sekitar 30 persen. Besaran ini disesuaikan dengan usulan masing-masing instansi dan capaian kinerjanya. Demikian dilansir dari JPNN. (RAPP002)