Gubernur Jatim Terima Dua Penghargaan Nasional dari Presiden

oleh -13561 views
Penghargaan Nasional untuk Jatim. (Foto; Twitter PakdeKarwo)
Penghargaan Nasional untuk Jatim. (Foto; Twitter PakdeKarwo)
Penghargaan Nasional untuk Jatim. (Foto; Twitter PakdeKarwo)
Penghargaan Nasional untuk Jatim. (Foto; Twitter PakdeKarwo)

Pacitanku.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendapatkan dua penghargaan nasional di bidang pemerintahan daerah pada tahun 2015. Dua penghargaan tertinggi tersebut adalah Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dan Samkaryanugraha Parasamya Purna Karya Nugraha.

Penghargaan yang diberikan Presiden Jokowi tersebut diserahkan langsung kepada Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dalam Peringatan Ke-XIX Hari Otonomi Daerah di Istana Negara Jakarta, Selasa (28/4/2015) kemarin.

Pakde Karwo mengatakan, pihaknya menerima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha karena provinsi Jatim yang dipimpinnya telah berhasil mendapat pemeringkatan terbaik nasional hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD). “Yang dinilai adalah Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi tahun 2013,” tandasnya, kemarin.

Sebagaiman diketahui, penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diperuntukkan kepada Pemerintah Daerah. Penilaian atas  penilaian didasarkan pada hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah 2009-2013.

Variabel yang dinilai menggunakan indikator kinerja kunci yang terukur, berkesinambungan, dapat diperbandingkan dan dipertanggungjawabkan yang meliputi tiga aspek yakni tataran pengambil kebijakan, tataran pelaksana kebijakan, dan capaian urusan pemerintah.

Sementara, penghargaaan Samkaryanugraha Parasamya Purna Karya Nugraha yang merupakan penghargaan tertinggi bidang pemerintahan daerah adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Provinsi/Daerah Tingkat I dan Kabupaten/Kotamadya/Daerah Tingkat II yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Penghargaan ini diberikan kepada gubernur dan/atau bupati/wali kota daerah yang mendapatkan penghargaan.

Selain Gubernur Jatim, penghargaan serupa untuk tingkat provinsi juga diterima oleh Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur DI Yogyakarta. Hadir dalam penyerahan penghargaan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja. (RAPP002)