Pembangunan Irigasi Difokuskan Daerah dengan Kerusakan Parah

oleh -13781 views
irigasi di pacitan. (Foto: marjanjamas)
irigasi di pacitan. (Foto: marjanjamas)
irigasi di pacitan. (Foto: marjanjamas)
irigasi di pacitan. (Foto: marjanjamas)

Pacitanku.com, PACITAN – Pembangunan dan perbaikan irigasi pertanian di Pacitan akan difokuskan di daerah yang mengalami kerusakan irigasi yang cukup parah. Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan memberikan anggaran Rp 2,9 milyar yang dikelola Dinas Bina Marga dan Pengairan untuk memperbaiki saluran irigasi di 12 Kecamatan.

Menurut Santoso, Kepala Bidang Pengairan Dinas Bina Marga dan Pengairan, meski pihaknya mendapatkan anggaran tersebut, namun tidak cukup untuk memperbaiki jaringan irigasi secara keseluruhan.

“Jika dilihat dari jumlah anggaran, perbaikan jaringan irigasi tidak bisa dilakukan secara keseluruhan. Perbaikan hanya akan dilakukan setiap jaringan irigasi yang kerusakannya cukup parah, seperti di Kecamatan Arjosari Dan Ngadirojo,” paparnya belum lama ini.

Lebih lanjut, Santoso menyampaikan bahwa pembangunan dan perbaikan irigasi tersebut mulai akan dilakukan pada tahun ini.

Seperti diketahui, Pemkab Pacitan memfokuskan pengembangan pertanian untuk mewujudukan swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah pusat. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membangun jaringan irigasi. (JTV/RAPP002)