Enam Makanan yang Sering Sebabkan Alergi

oleh -13570 views
Ilustrasi alergi makanan. (Foto : Zwitsal)
Ilustrasi alergi makanan. (Foto : Zwitsal)
Ilustrasi alergi makanan. (Foto : Zwitsal)
Ilustrasi alergi makanan. (Foto : Zwitsal)

Pacitanku.com, PACITAN – Salah satu gangguan kesehatan yang cukup meresahkan dalam aktivitas sehari-hari adalah munculnya alergi. Alergi, biasanya dipicu oleh berbagai hal, salah satunya adalah makanan. Sistem kekebalan tubuh manusia akan melakukan tindakan netralisir terhadap alergen tersebut. Ia akan melepas zat ke dalam darah guna melawan alergen atau pemicu alergi.

Pada akhirnya akan muncul gejala dalam tubuh yang menunjukkan sedang mengalami alergi, misalnya tenggoroan kering, kulit merah dan gatal,  mual, diare, atau bahkan shock.  Dari berbagai sumber, kondisi ini merupakan reaksi dari zat kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh terhadap alergen.

Sebenarnya, apa saja jenis makanan yang bisa memicu munculnya alergi di tubuh Anda?

Berikut rinciannya dilansir dari laman Boldsky :

Telur

Bagi sebagian anak-anak, telur bisa jadi pemicu alergi. Apabila mengonsumsinya mereka akan mengalami beberapa gejala alergi di atas.

Kacang

Memang agak aneh, namun kacang juga dapat memicu alergi. Untuk orang yang alergi terhadap kacang, sering gejala yang tampak akan terlihat cukup mengerikan.

Ikan laut

Ikan, terutama ikan laut pun sering memicu alergi. Tak hanya saat masih berbentuk ikan, saus dan kecap ikan juga termasuk benda pemicu alergi yang pengaruhnya cukup kuat.

Susu sapi

Minuman yang mengandung laktosa ini juga bisa membuat tubuh sebagian orang menolaknya. Jika itu terjadi pada anak-anak, maka Anda bisa mengganti konsumsi susu sapi dengan susu kedelai. Ini juga berlaku pada keju, yoghurt, dan makanan berbahan dasar susu.

Kedelai

Bagi anak-anak atau bayi, kedelai dapat menimbulkan efek alergi. Namun sering kali diusia dewasanya alergi itu akan hilang dengan sendirinya.

Kerang

Kerang adalah makanan yang paling sering memicu alergi bagi manusia. Sejenis dengan kerang adalah lobster, udang, kepiting, dan juga tiram serta makanan laut lain. Jika Anda terdeteksi mengalami alergi jika makan kerang, sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedikit, atau hindari. (Sidomi/RAPP002)