TNI dan Polri Siap Sinergi Amankan Pilkada Jatim

oleh -13498 views
Eko Wiratmoko. (Foto : WIkipedia)
Eko Wiratmoko. (Foto : WIkipedia)
Eko Wiratmoko. (Foto : WIkipedia)
Eko Wiratmoko. (Foto : WIkipedia)

Pacitanku.com, SURABAYA – Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap bersinergi dengan Keplisian Republik Indonesia (Polri) untuk mengamankan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada 2015 di Jawa Timur.

Menurut Panglima Kodam V Brawijaya, Mayor Jendral TNI Eko Wiratmoko, pihaknya tidak mempermasalahkan berapapun anggaran yang dianggarkan pemerintah untuk pengamanan pilkada. “Kalau soal biaya, tentunya pemerintah sudah mengalokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), saya kira tidak ada masalah,” katanya di Surabaya, baru-baru ini kepada wartawan.

Sebagaimana diketahui, gelaran Pilkada Jatim akan digelar pada Desember 2015 di 19 daerah yakni, Kabupaten Ngawi (berakhir masa jabatan pada 27 Maret), Kota Blitar (3 Agustus), Kabupaten Lamongan (9 Agustus), Kabupaten Jember (11 Agustus), Kabupaten Ponorogo (12 Agustus) dan Kabupaten Kediri (19 Agustus).

Selanjutnya adalah Kabupaten Situbondo (6 September), Kabupaten Gresik (27 September), Kota Surabaya (28 September), Kabupaten Trenggalek (4 Oktober), Kota Pasuruan (18 Oktober), Kabupaten Mojokerto (18 Oktober), Kabupaten Sumenep (19 Oktober), Kabupaten Banyuwangi (21 Oktober), Kabupaten Malang (26 Oktober) serta Kabupaten Sidoarjo (1 November).

Selain itu, Pilkada tiga kabupaten lain, seharusnya digelar pada 2016. Namun, sesuai perundangan, pelaksanaan pilkada dimajukan, yakni Kabupaten Tuban, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Pacitan. (Ant/Metro/RAPP002)