Try Out Memuaskan, Dindik Optimistis Hasil UN di Pacitan Lebih Baik

oleh -131.331 views
Sakundoko Kadindik Pacitan. (Foto : Dindik)
Sakundoko Kadindik Pacitan. (Foto : Dindik)
Sakundoko Kadindik Pacitan. (Foto : Dindik)
Sakundoko Kadindik Pacitan. (Foto : Dindik)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Pacitan, Sakundoko menyatakan siap menggelar agenda Ujian Nasional (UN) di semua sekolah di Pacitan. pihaknya pun optimistis hasil UN pada tahun ini lebih baik dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Menurut Sakundoko, rasa optimisme ini cukup beralasan karena dari hasil pengayakan soal hasilnya cukup memuaskan. Yang terpenting menurut Sakundoko adalah dukungan dan bimbingan orang tua selalu ada untuk putra putrinya.

“Saya berharap orang tua selalu mendampingi putra putrinya dalam belajar. Perhatian dan dukungan sangat perlu untuk membangun percaya diri anak ,” katanya saat memberikan arahan didepan ratusan panitia UN di Pacitan, Rabu (1/4/2015).

Pada tahun ini, jumlah peserta UN di Pacitan adalah 14.419 siswa, termasuk sekolah dibawah kantor kementerian agama. Dengan rincian, SMA 1.272, MA 796 dan SMK 3.292. Sedangkan SMP 6.253 serta MTs1.864.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2014, secara kuantitatif tingkat kelulusan siswa SMA mengalami kenaikan. Hal itu dapat dilihat dari semakin sedikitnya siswa yang tidak lulus. Diketahui, ada dua siswa yang tidak lulus pada tahun ini, sedangkan pada tahun lalu ada empat siswa yang dinyatakan tidak lulus.

Dua siswa dinyatakan tidak lulus karena nilai rata-rata mereka di bawah standar kelulusan. Masing-masing dari SMKN 3 Pacitan dan MA Muhammadiyah Ketro. Mereka jeblok pada mata pelajaran (mapel) matematika. Namun hal ini lebih baik dari tahun 2013 mengingat pada tahun lalu jumlah siswa yang tidak lulus sejumlah empat siswa. (riz/SKPD/RAPP002)