Wabup Pacitan: Sadar Hukum Sangat Berpengaruh untuk Anak

oleh -13499 views
Wabup Pacitan Soedjono. (Foto : SKPD Pacitan)
Wabup Pacitan Soedjono. (Foto : SKPD Pacitan)
Wabup Pacitan Soedjono. (Foto : SKPD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Wakil Bupati (Wabup) Pacitan Soedjono meminta segenap elemen masyarakat untuk menyukseskan semangat sadar hukum, terutama bagi anak-anak.

Menurut Soedjono, untuk membentuk watak serta perilaku generasi muda yang berkualitas, etika dan kesadaran terhadap hukum wajib diberikan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa anak, apalagi jika mereka terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

Dikatakan sahabat Presiden RI keenam, SBY ini, baik orang tua, institusi terkait serta Pemerintah daerah memiliki tanggung jawab sama terhadap persoalan ini.  Tujuanya pasti, agar terbentuk generasi yang berkualitas.

”Ini akan menjadi bekal bagi anak-anak, agar suatu saat nanti dapat diterapkan dalam sendi kehidupan,”katanya saat membuka Temu Sadar Hukum dirangkaikan dengan Lomba Kadarkum 2015, Rabu (01/04) di Gedung Karya Dharma, Pacitan, dilansir dari laman SKPD Pacitan.

Kesadaran dan budaya sadar hukum tersebut, kata Soedjono, menjadi materi pembelajaran di sekolah. Sehingga sekolah tidak hanya mendidik siswanya pandai dalam akademis namun juga tangguh moralnya. 

Temu sadar hukum diikuti oleh 120 pelajar yang tahun ini diwakili oleh siswa siswi dari SMA dan MA. Selain mendapatkan materi tentang hukum, mereka juga akan berkompetisi dalam lomba Kadarkum. Pemenangnya akan mewakili Pacitan dalam perlombaan serupa tingkat Provinsi. (Riz/SKPD/RAPP002)