Petani Pacitan Dapat Bantuan Traktor, Bupati Harapkan Produktivitas Meningkat

oleh -101.080 views
traktor petani pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
traktor petani pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
traktor petani pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)
traktor petani pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Para petani di wilayah Pacitan dapat bernafas lega, sebab isu penarikan traktor yang terjadi di Ponorogo beberapa waktu lalu tak berimbas di Pacitan. Pasalnya, Pacitan terlebih dulu mendapatkan bantuan traktor tersebut dari Pemerintah Pusat pada 23 Februari 2015 lalu.

Setelah bantuan diterima, Pemkab melalui Dinas Pertanian langsung mendistribusikan kepada petani melalui kelompok yang ada. Rincian bantuan yang diberikan ke Pacitan adalah 15 unit traktor dan 9 unit pompa air.

Penggunaan alat pembajak bermesin itu diharapkan memperlancar usaha bercocok tanam padi. Sementara pompa air berfungsi menopang air irigasi. Terlebih sebagian lahan sawah di Pacitan merupakan tadah hujan.

Dengan adanya bantuan tersebut, Bupati Indartato berharap produktivitas pertanian meningkat. Sehingga, Pacitan dapat berkontribusi bagi tercapainya kemandirian pangan nasional. Indartato pun  mengimbau petani dapat bekerjasama dengan petugas lapangan, TNI, maupun unsur lain yang selama ini ikut terlibat menangani sektor pertanian. Targetnya, hasil panen padi petani meningkat.

“Saya beberapa kali melihat langsung bagaimana petugas lapangan dan TNI bekerja bahu-membahu dengan petani. Inshaaallah target kita akan terwujud,” paparnya belum lama ini.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan Dan Sarana Prasarana Dinas Tanaman Pangan Dan Peternakan (Distanak) Pacitan, Ir.Bagianto,M,Sc menyampaikan bahwa bantuan ini memang sangat tepat sasaran. Bagianto berharap, kepada sejumlah Kelompok Tani Pacitan hendaknya bantuan tersebut tidak hanya dapat menggunakannya saja, namun lebih dari itu ada yang paling penting yaitu dalam hal perawatan.

“Sehingga bantuan tersebut benar-benar dapat bermanfaat terutama untuk para anggota yang terlibat dalam kepengurusan di kelompok tani, yang jelas bantuan hand traktor dan Pompa Air itu senantiasa disimpan baik-baik sebab dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginnkan,”imbuhnya.

Bagianto berharap bahwa hand traktor maupun pompa air tersebut bisa bermafaat digunakan oleh  Kelompok Tani yang tersebar di Kabupaten Pacitan. “Intinya bantuan ini merupakan bukti kepedulian dari Pemerintah Pusat yang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan terhadap kaum petani sekaligus menjawab apa yang selama ini diharapkan,”pungkasnya. (RAPP002)