Nostalgia SBY di Rumah Orangtua dan Budhe

oleh -102.968 views
Rumah SBY di Ploso. (Foto : Pacitan Tourism)
Rumah SBY di Ploso. (Foto : Pacitan Tourism)
Rumah SBY di Ploso. (Foto : Pacitan Tourism)
Rumah SBY di Ploso. (Foto : Pacitan Tourism)

Pacitanku.com, PUNUNG – Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengakhiri kunjungannya ke Pacitan selama tiga hari dan menyempatkan diri mengunjungi rumah budhe Watini yang berada di Blumbang, Kelurahan Ploso Kamis (12/3/2015).

Sebagaimana diketahui, rumah berbentuk joglo itu ditempati SBY saat menempuh pendidikan di SMAN 1 Pacitan. Selama di SMA, SBY menempati rumah Watini yang tak lain adalah budhe SBY. Saat mengunjungi rumah tersebut, SBY melihat foto yang terpajang di dinding rumah selama sekitar 1 jam.

Sejak masa remaja, tepatnya SMAN, SBY memang tinggal disebuah rumah sangat sederhana milik budhenya tersebut‎. Kamar tidurnya terletak dipojok ruang dengan ukuran sangat sempit. 

Sebelum memasuki pendopo tempat masa kecilnya, SBY dan rombongan menyempatkan diri berjabat tangan dengan keluarga besarnya dan masyarakat sekitar yang sejak pagi menunggu kedatangan Presiden IGGG tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut ‎ Bupati Indartato, Luki Baskorowati Indartato, Wabup Soedjono, Ketua DPRD, Ronny Wahyono, serta jajaran Muspida Pacitan.

Usai dari Ploso, SBY kemudian mengunjungi rumah orang tuanya, Raden Soekotjo dan Mulyati, di Dusun Margorejo, Kecamatan Punung. Sejak keduanya meninggal, rumah itu ditempati oleh Sari, anak angkat ayahanda SBY.

Di rumah orang tuanya, SBY berpesan agar rumah tersebut dirawat. Di tempat itu, SBY bersama Ani Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan anggota rombongan lain sempat duduk di kursi. Usai melaksanakan agenda di hari terakhir selam pulang kampung, SBY pun bertolak ke Jakarta. (RAPPP002)