Hadiri Panen Raya di Ponorogo, Jokowi Beri Bantuan Traktor ke Petani

oleh -10920 views
Jokowi Panen Raya di Ponorogo. (Foto : Aban Marhaban/FB)
Jokowi Panen Raya di Ponorogo. (Foto : Aban Marhaban/FB)
Jokowi Panen Raya di Ponorogo.  (Foto : Aban Marhaban/FB)
Jokowi Panen Raya di Ponorogo. (Foto : Aban Marhaban/FB)

Pacitanku.com, PONOROGO – Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo mengunjungi panen raya di Kabupaten Ponorogo, Jumat (6/3/2015). Kunjungan Jokowi ini untuk mengikuti panen raya yang berlangsung di Dukuh Jetis, Desa Jetis, Kecamatan Jetis, Ponorogo.

Dalam panen raya yang mulai digelar Jumat pagi itu, Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Bupati Ponorogo Amin, Menteri Pertanian Amran Sulaiman  dan Gubernur Soekarwo memberikan bantuan bagi petani.

Presiden Jokowi membagikan 41.000 unit mesin traktor, termasuk 6.000 unit yang dibagikan kepada para petani di Ponorogo dan Madiun.

“Saya minta ke seluruh petani untuk semangat berproduksi, memelihara nanti kalau panen produksi meningkat karena saya sudah sampaikan jangan sampai ada lagi impor beras, tapi produksi juga harus naik,” kata Presiden.

Usai panen raya di Jetis, Jokowi menunaikan ibadah salat Jumat di Masjid Agung Ponorogo dan diakhiri dengan panen jagung dan menanam kedelai di kawasan Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Sukun di Desa Sukun, Kecamatan Pulung.

Usai mengunjungi Ponorogo, mantan Walikota Solo ini pada Jumat sore melakukan kunjungan pabrik pembuatan Kereta Api ke PT Industri Kereta Api (PT INKA) dan melakukan Blusukan ke sejumlah tempat di Kabupaten Madiun.  Selain itu, Presiden juga mengunjungi pabrik pembuatan mesin pemanen padi ‎di desa Mlilir, Dolopo.

Disambut Demo Mahasiswa

Kunjungan Jokowi di Ponorogo tak lepas dari protes dari kalangan mahasiswa. Aksi protes dengan unjuk rasa  sambut kedatangan Presiden Jokowi di Ponorogo pun berujung ricuh. Mahasiswa dihadang polisi dan 3 diantaranya luka luka kena pukul.

Kericuhan pecah saat  puluhan mahasiswa  tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ponorogo ini mencoba memasuki areal kedatangan untuk bertemu Presiden Jokowi. Namun  ratusan polisi  langsung memukul mundur mereka sehingga terjadi aksi saling dorong.

Aparat kepolisian pun segera menangkap sejumlah mahasiswa yang dianggap menjadi provokator kerusuhan. Mereka yang ditangkap, dinaikkan ke truk dan dibawa ke Mapolres Ponorogo. (RAPP002)