Serunya Anak TK di Pacitan Jadi Petugas Pemadam Kebakaran

oleh -Dibaca 1.083 kali
Para Petuga Damkar Cilik. (Foto : Syams/WA)
Para Petuga Damkar Cilik. (Foto : Syams/WA)
Para Petuga Damkar Cilik. (Foto : Syams/WA)
Para Petuga Damkar Cilik. (Foto : Syams/WA)

Pacitanku.com, PACITAN – Ada pemandangan unik dan lucu di kantor UPT Pemadam Kebakaran Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Pacitan, di Jalan RA Kartini, No. 5 Pacitan, Jumat (6/3/2015) pagi WIB. Hal unik itu kala 30 anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutiara Bunda Pacitan berkunjung ke kantor Damkar tersebut.

Puluhan anak yang didampingi empat guru tersebut nampak langsung asyik dan akrab dengan alat – alat yang biasa digunakan petugas Damkar untuk memadamkan musibah kebakaran di wilayah Pacitan. Anak – anak lucu tersebut tak canggung untuk mengenakan helm damkar, sepautu boots, hingga menaiki sebuah sepeda motor khusus damkar. Mereka juga senang saat melakukan aksi penyemprotan air dengan selang Damkar.

“Kegiatan ini dalam rangka pengenalan dini kepada anak – anak terkait alat pemadam kebakaran yang dimiliki oleh Pemkab Pacitan,” kata Syamsoel Hadi, salah satu tim Damkar kepada Portal Pacitanku.

Dengan didampingi oleh guru dan petugas Damkar, anak – anak tersebut nampak antusias mengikuti jalannya pembelajaran lapangan tersebut. Dengan sabar, petugas Damkar pun menerangkan fungsi dari berbagai alat yang ada di UPT Damkar tersebut kepada anak – anak.

“Selain itu kita terangkan bagaimana yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran, harus menghubungi siapa dan kemana? Serta kita jelaskan juga fungsi dan kegunaannya alat yang ada,” pungkasnya. (DPPP001)