KRPL Dianggap Jadi Solusi Naiknya Harga Kebutuhan Pokok

oleh -Dibaca 940 kali
Taru menghibur Bupati Pacitan
Taru menghibur Bupati Pacitan
Penyerahan Juara Lomba KRPL di Pacitan. (Foto : SKPD Pacitan)
Penyerahan Juara Lomba KRPL di Pacitan. (Foto : SKPD Pacitan)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Bupati Pacitan, Drs H Indartato, MM menilai jika salah satu solusi untuk membangun kemandirian pangan adalah melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Hal itu disampaikan Indartato usai memberikan penghargaan kejuaraan Lomba KRPL tingkat Kabupaten, di Balai Desa Hadiluwih, Kecamatan Ngadirojo, Rabu (25/2/2015) kemarin.

Menurut Indartato, dengan kemandirian pangan melalui program KRPL ini, masyarakat Pacitan tidak akan panik menghadapi lonjakan harga bahan pokok di pasaran. Pasalnya, kebutuhan dasar sudah terpenuhi di pekarangan rumah, baik melalui pola tanam poliback, hidroponik maupun memanfaatkan luas lahan yang ada.

“Teknik KRPL ini sangat membantu menunjang kebutuhan pangan keluarga, ditengah harga beras saat ini yang melambung,” katanya, seperti dilansir dari laman resmi SKPD Pacitan.

Indartato pun merasa bangga dengan program KRPL di Pacitan, apalagi program yang sempat menjadi percontohan nasional ini terbukti mampu membantu kebutuhan ekonomi keluarga.

Sebagaimana diketahui, Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo berhasil menjadi yang terbaik dalam lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tingkat Kabupaten. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka hari jadi Kabupaten Pacitan ke 270 ini diikuti 12 desa perwakilan dari 12 kecamatan.

Atas prestasi tersebut, Desa Hadiluwih mendapatkan  hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 2,5 juta. Peringkat kedua diperoleh Desa Gedompol Kecamatan Donorojo serta juara tiga Desa Gembong Kecamatan Arjosari.  Sementara juara Harapan I dan II masing – masing diraih desa Jetis Lor kecamatan Nawangan dan desa Ngadirejan Kecamatan Pringkuku. (RAPP002)