Kepala Sekolah di Pacitan Sepakat K13 di Jatim Tetap Lanjut

oleh -10890 views
Ilustrasi siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal US. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Ilustrasi siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal US. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal UN. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Siswa SD di Pacitan tampak antusias mengerjakan soal UN. (Foto : Doc. Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN—Moratorium Kurikulum 2013 yang diterapkan Menteri Pendidikan Anies Rasyid Baswedan mendapatkan reaksi dari sejumlah kalangan. Setelah eks Mendiknas Muhammad Nuh angkat bicara, kemudian disusul keputusan dari Dinas Pendidikan Jawa Timur yang terus melanjutkan K13, kali ini dukungan untuk K13 tetap dilanjutkan juga disampaikan Kepala Sekolah di Pacitan. (Baca juga : Penerapan K13 di Semua Sekolah Dibatalkan).

Menurut Susianto, Kepala Sekolah SDN Kasihan II, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, dirinya tetap sepakat K13 dilanjutkan seperti keputusan Dinas Pendidikan Jatim. Dikatakan Susianto, guru – guru di Sekolahnya sudah menyiapkan berbagai perangkat pembelajaran K13, namun sempat shock ketika ada keputusan mengejutkan dari Mendikbud tersebut. (Baca : K13 Resmi Dihentikan, Mendikbud Minta Pemda Tak Tandatangani Kontrak Buku).

“Meski di SD kami di desa, namun para guru di sekolah kami sudah menyiapkan Prota, Promes, Silabus dan perangkat pembelajaran K13 dengan baik, sehingga sangat disayangkan jika harus berhenti sampai disini saja, kasihan mereka,” katanya kepada Portal Pacitanku, Sabtu (13/12/2014).

Senada dengan Susianto, Kepala Sekolah SDN Kasihan IV, Sunartin juga tetap bersepakat dengan keputusan Dinas Pendidikan Jatim yang melanjutkan K13 diterapkan di sekolah, khususnya di Jatim.

“K13 ini kan bagus konsepnya, tantangannya sekarang di guru yang mengeksekusi di lapangan, untuk di SD kami, berbagai perangkat sudah dicetak dengan mandiri, sehingga keberlanjutan K13 ini (di Jatim) kami dukung,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pendidikan Jatim menyatakan tak menjalankan instruksi Menteri Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah untuk menerapkan Kurikulum 2006 di sekolah-sekolah non percontohan. (Baca : K13 Tetap Dijalankan di Jatim).

“Kan tadi sudah melihat sendiri mereka sepakat untuk tetap melanjutkan dan siap untuk Kurikulum 2013,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun.

Ia tidak merasa khwatir walaupun Anies menerbitkan surat edaran tentang penghentian pelaksanaan Kurikulum 2013. “Tapi jangan lupa, bagi sekolah di luar yang ditunjuk sebagai percontohan untuk Kurikulum 2013 dapat melanjutkan Kurikulum 2013, jika memang siap,” ujarnya.

K13 ini memang dinilai sangat bagus untuk perkembangan peserta didik walaupun ada sisi yang harus dibenahi. Karena pada Kurtilas ini, siswa diarahkan ke best learning, sehingga sangat baik untuk perkembangan generasi bangsa. (RAPP002)