JLS Pacitan–Banyuwangi Rampung,  Pertumbuhan Ekonomi Daerah Meningkat

oleh -10866 views
JLS Pacitan. (Dok.Pacitanku)
JLS Pacitan. (Dok.Pacitanku)
JLS Pacitan. (Dok.Pacitanku)
JLS Pacitan. (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, SURABAYA—Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf menyampaiakan jika pembangunan JLS yang melewati Pacitan hingga Bayuwangi selesai dikerjakan, maka disparitas antar wilayah di Jatim dapat berkurang dan pertumbuhan ekonomi di setiap daerah kabupaten/ kota yang dilalui JLS akan meningkat.

Oleh karenanya, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini meminta Komisi XI DPR RI agar turut menuntaskan dan mengawal pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) di Jatim yang menghubungkan Pacitan hingga Banyuwangi.

Ia juga tak segan dalam mengatakan sejumlah kendala yang dihadapi Pemprov dalam kelanjutan pembangunan JLS ini. Ia mengungkapkan proyek ini memakan biaya yang tak sedikit, bahkan sekarang Jatim kekurangnya dana untuk infrastruktur tersebut.

“Saya titiplah agar pembangunan JLS bisa dikawal oleh Komisi XI DPR RI. Problem yang terjadi saat ini adalah kurangnya dana untuk infrastruktur. Selain itu, pembebasan lahan yang tersisa menjadi kewenangan dari perhutani untuk segera menuntaskannya,” ujar Gus Ipul, Kamis (11/12/2014) dalam keterangan persnya.

Baginya, keberadaan JLS dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah. Secara nasional, yang selalu menjadi pekerjaan rumah pemerintah adalah mengurangi kesenjangan antar wilayah dan kesenjangan antar individu masyarakat.

Selain itu, dengan terwujudnya JLS, akan membuka kekayaan ekonomi di setiap daerah yang dilalui oleh JLS. Bahkan, pemerintah pusat merencanakan JLS untuk diteruskan hingga Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Menurut ketua GP Anshor Jatim ini, terdapat Jalur Lintas Selatan yang masih terhambat dan harus segera dituntaskan. Jika JLS tuntas, maka pertumbuhan ekonomi wilayah sepanjang Banyuwangi hingga Pacitan akan meningkat. (RAPP002)