Mantap, Desa Sirnoboyo Pacitan Raih Runner Up Lomba BU-PDPT KKP

oleh -101.704 views
penanaman mangrove di desa kembang. (Foto : SKPD Pacitan)
penanaman mangrove di desa kembang. (Foto : SKPD Pacitan)
penanaman mangrove di desa kembang. (Foto : SKPD Pacitan)
penanaman mangrove di desa kembang. (Foto : SKPD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN—Kabupaten Pacitan kembali mendapatkan penghargaan tingkat nasional. Kali ini penghargaan tersebut diperoleh Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan kota dengan menyabet peringkat II Nasional Lomba Bina Usaha Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (BU-PDPT) yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 2014.

Sementara, juara pertama berhasil diraih Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Sedangkan peringkat ketiga diperoleh Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

“Untuk kecamatan Pacitan, yang masuk dalam BU-PDPT adalah Kembang, Sirnoboyo dan Kelurahan Sidoharjo, penilainnya penggunaan anggaran yang digunakan untuk berbagai kegiatan dan apa manfaatnya bagi masyarakat, semua kegiatan dinilai dari awal hingga akhir,” kata Chamim, salah satu warga dan pelaksana lomba dari Sirnoboyo, kepada Portal Pacitanku, Selasa (9/12/2014)

Atas prestasi tersebut, Desa Sirnoboyo pun berhak untuk mengikuti penyerahan hadiah di Jakarta. “Kemarin pak Kades Arifin mendapatkan undangan ke Jakarta,” katanya.

Seperti diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan Penghargaan Adibakti Mina Bahari (AMB) tahun. Penghargaan Adibakti Mina Bahari merupakan bentuk apresiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan atas peran serta aktif, serta kepedulian para pemangku kepentingan dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Penganugerahan Adibhakti Mina Bahari tahun ini kembali digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap unit pelayanan di lingkup KKP dengan peringkat tertinggi atau telah melaksanakan pelayanan prima. Kriterianya yang ditetapkan yakni pelayanan yang cepat, tepat, murah, aman, berkeadilan, dan akuntabel.

Penghargaan tingkat nasional ini juga ditujukan untuk memberikan apresiasi terhadap perorangan, kelompok atau unit kerja non pelayanan publik lingkup KKP dan pemangku kepentingan yang telah berprestasi di sektor kelautan dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyerahkan langsung piala penghargaan kepada pemenang. Tahun 2014, KKP memberikan lebih dari 100 penghargaan Adibakti Mina Bahari (AMB) yang terbagi dalam delapan bidang penghargaan yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 75/KEPMEN-KP/2014 tentang Penerima Penghargaan AMB Tahun 2014.

“Dengan bangga saya mengucapkan selamat kepada seluruh penerima penghargaan. Semoga prestasi yang telah diraih ini menjadi motivasi bagi Saudara-saudara untuk meningkatkan peran serta secara aktif dalam pembangunan kelautan dan perikanan menuju peningkatan kesejahteraan rakyat,”ucap Susi, baru – baru ini.

Perempuan yang juga pemilik Maskapai Penerbangan Susi Air ini berharap, penerima penghargaan ini mampu menjadi contoh bagi masyarakat sekitarnya. Sehingga mendukung pembangunan bangsa Indonesia yang maju di bidang Kelautan dan Perikanan dan menjadi Poros Maritim Dunia. “Harapan besar tersebut harus dapat kita jawab dengan kerja keras dan karya nyata berupa prestasi dengan berbagai inovasi yang produktif,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pacitan adalah satu diantara 22 daerah di Indonesia yang masuk daerah pengembangan PDPT. Selain Pacitan, daerah lainnya yang masuk adalah  Asahan, Pesisir Selatan,  Kaur, Tanggamus, Lebak, Sukabumi, Tangerang, Cirebon.

Kemudian Kendal, Demak, Kulon Progo, Malang, Pontianak, Kotawaringin Barat, Banjar, Parigi , Moutong, Pinrang, Kota Baubau, Sikka, Seram Barat dan Teluk Wondama. (RAPP002)