Upacara Ceprotan Tahun ini Sukses Hibur Warga Pacitan

oleh -101.843 views
Suasana Upacara Adat Ceprotan di Sekar, Donorojo. (Foto : Fajar/Pacitanku)
Suasana Upacara Adat Ceprotan di Sekar, Donorojo. (Foto : Fajar/Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO—Upacara adat ceprotan yang digelar setiap tahun kembali digelar Senin (8/9/2014) berlangsung sangat meriah. Upacara adat khas desa Sekar, Kecamatan Donorojo ini yang digelar mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB dengan agenda utama upacara adat ceprotan berlangsung cukup menghibur ratusan warga yang berdatangan di Lapangan Dewi Sekartaji, Sekar, Donorojo.

Agenda upacara Ceprotan ini diawali dengan pembukaan tari – tarian dan reog ponorogo. Agenda inti Ceprotan kemudian dialnjutkan dengan saling lempar ratusan bluluk (kelapa muda) yang berterbangan menghias angkasa desa sekar tersebut.

Para pemuda yang saling melempar tersebut mengarahkan bluluk itu ke gubuk sesajen yang ada ditengah lapangan. Usai upacara inti, agenda kemudian dilanjutkan dengan undian berhadiah oleh panitia setempat.

Berdasarkan pantauan Portal Pacitanku di tempat acara, gelaran Upacara Ceprotan tahun ini cukup aman dan terkendali. Penonton pun memadati kompleks lapangan dan melihat tahap demi tahap jalannya upacara adat yang terinspirasi dari perjalanan KI Godeg dan Dewi Sekartaji ini.

Pasca agenda inti upacara adat ceprotan, dilanjutkan kemudian agenda pendukung adalah forum sarasehan budaya oleh seniman setempat mulai pukul 19.00 – 21.00 WIB. Malam ini, dari panitia setempat juga akan menggelar kesenian wayang kulit sebagai rangkaian dari upacara adat ceprotan.

Reporter : Fajar Bachroni