Indahnya Alam Pacitan Dilihat dari Puncak Gunung Limo

oleh -134.613 views
Bupati Pacitan saat berada di area watu ungak gunung limo, Senin (23/6/2014). (Foto : Doc Info Pacitan)
Bupati Pacitan saat berada di area watu ungak gunung limo, Senin (23/6/2014). (Foto : Doc Info Pacitan)
Bupati Pacitan saat berada di area watu ungak gunung limo, Senin (23/6/2014). (Foto : Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Salah satu obyek wisata minat khusus yang memiliki keunikan tersendiri di Pacitan adalah pesona puncak Gunung Limo. Di salah satu gunung legendaris di Pacitan ini, beberapa tantangan menjadi hal yang menarik bagi para pendaki gunung yang ingin menikmati alam gunung limo dan keindahan Pacitan dari puncak gunung yang memiliki ketinggian 800 mdpl ini.

Gunung yang terletak di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung ini memang menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, terutama para pecinta alam. Sebab, selain tantangan untuk naik ke kawasan ini yang lumayan dahsyat, kawasan ini juga menyuguhkan keunikan tersendiri, diantaranya adalah gerbang watu pecah, watu ungak dan pertapaan gunung limo. Selain itu, puncak gunung limo adalah tempat paling elok selain tiga tempat tersebut, sebab disini kita dapat meyaksikan bentang alam Kabupaten Pacitan, terutama di sisi timur dan selatan.

Selain keindahan kawasan alamnya, gunung limo sering juga digunakan setiap tahun menyelenggarakan upacara adat tetaken, bahkan tetaken ini sendiri menjadi salah satu obyek wisata budaya di Pacitan.

Bupati Pacitan, Indartato juga pernah mengunjungi kawasan ini untuk menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap obyek wisata Pacitan. Dilansir dari Doc Info Pacitan, bersama tim dari Pemkab dan warga, Senin (23/6/2014) kemarin, pria yang berhasil menorehkan banyak prestasi untuk Pacitan ini mengunjungi gunung limo dan melihat pemandangan indah di gunung ini. Bupati bahkan sempat berfoto narsis di beberapa tempat di gunung limo. Berikut ulasan beberapa tempat di gunung limo yang memiliki keindahan tersendiri.

Gerbang Watu Pecah

Bupati Pacitan berada di area gerbang watu pecah. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Bupati Pacitan berada di area gerbang watu pecah. (Foto : Doc. Info Pacitan)

Gerbang Watu Pecah adalah salah satu tempat di gunung limo yang merupakan salah satu jalan untuk menuju kawasan puncak gunung limo. Area ini diberi nama watu pecah karena memang berupa watu yang terbelah. Lorong ini memiliki panjang sekitar 10 meter, sempit diluar tetapi didalamnya agak longgar.

Jika memasuki area yang oleh beberapa orang disebut juga dengan watu belah ini, merupakan lorong sempit yang hanya pas untuk tubuh dengan posisi miring. Jika diamati secara sekilas, seakan sangat sulit untuk bisa dimasuki, tetapi setelah mencoba ternyata memang bisa dimasuki. Diketahui, menurut kepercayaan warga setempat, siapa saja tidak perduli bertubuh kurus atau gemuk, bisa lewat lorong ini asal punya keyakinan yang kuat.

Watu Ungak

Tempat ini dinamakan watu ungak karena lokasinya sangat strategis untuk “ngungak” (melihat /

Area pertapaan gunung limo. (Foto : Doc. Info Pacitan)
Area pertapaan gunung limo. (Foto : Doc. Info Pacitan)

memantau) kawasan Pacitan sisi barat dan juga pelataran gunung limo. Area ini berada diatas tebing ratusan meter dalamnya sehingga benar-benar butuh nyali untuk bisa berdiri di pinggirnya, melihat ke bawah. Bagi yang kurang begitu berani dan untuk alasan keamanan, “ngungak” bisa dilakukan dengan berbaring di atas batu.

Selain dua tempat tersebut, area pertapaan gunung limo bisa juga dijadikan tempat untuk melepas lelah dengan beristirahat di tempat tersebut. Untuk akses sendiri kendaraan roda empat dan dua bisa masuk ke area parkir kawasan gunung limo. Selamat berpetualang di gunung limo.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)