Desa Ketro Kebonagung Raih Gelar Juara Satu Lomba Desa Tingkat Provinsi Jatim

oleh -138.615 views
prosesi Perlombaan Lomba Desa Ketro. (Foto : Pemdes Ketro)
prosesi Perlombaan Lomba Desa Ketro. (Foto : Pemdes Ketro)

Pacitanku.com, PACITANDesa Ketro, Kecamatan Kebonagung akhirnya dinobatkan sebagai Juara pertama lomba desa tingkat provinsi se-Jawa Timur.

prosesi Perlombaan Lomba Desa Ketro. (Foto : Pemdes Ketro)
prosesi Perlombaan Lomba Desa Ketro. (Foto : Pemdes Ketro)

Kepastian tersebut diketahui setelah tim penilai dari pemprov Jatim melakukan penilaian dan menyatakan desa ketro masuk empat besar, menyingkirkan lebih dari 8000 desa se-Jatim.

Berkat kepastian jawara pertama ini, desa ketro membuktikan adanya kekompakan pemimpin dan rakyat sehingga semua dapat berjalan dengan baik. “Alhamdulillah Desa Ketro meraih gelar juara I lomba desa se-Provinsi,” kata Mokhamad Fatkhurrohman, Camat Kebonagung, saat dikonfirmasi Portal Pacitanku, baru – baru ini.

Menurut pria asal Trenggalek ini, dengan keberhasilan desa ketro mendapatka juara pertama, Desa Ketro berhak mengikuti upacara hari kemerdekaan 17 Agustus mendatang di Istana Negara. “Insyaallah pesertanya adalah camat, istri, kepala desa dan istri, serta beberapa pejabat desa,” tukasnya.

Sebelumnya, dalam penilaian lomba desa di Desa Ketro, sambutan meriah tersebut bermula saat rombongan penilai yang didampingi Bupati Pacitan Indartato dan Jajaran turun dari kendaraan. Seni Reog dan barisan linmas menyertai rombongan menuju lapangan desa, sementara di lapangan tersebut telah tersaji berbagai kesenian serta stand pameran yang menampilkan berbagai potensi desa.

Sementara, indikator yang akan diperiksa diantaranya adalah pendidikan, pemerintahan desa, kemanan dan ketertiban serta lembaga kemasyarakatan, termasuk diantaranya adalah kesehatan, partisipasi masyarakat, ekonomi masyarakat dan yang terakhir pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)