Persiapan Lima Bulan, Desa Ketro Kebonagung Optimistis Juara Lomba

oleh -Dibaca 699 kali
sale pisang kremes (Foto Pemdes Ketro on FB)
sale pisang kremes (Foto Pemdes Ketro on FB)
sale pisang kremes (Foto Pemdes Ketro on FB)
sale pisang kremes (Foto Pemdes Ketro on FB)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG—Jelang perhelatan Lomba Desa pada tahun 2014 ini, sejumlah desa di Pacitan tengah mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik dalam kontes desa tersebut. Salah satu desa di Pacitan yang juga menjadi favorit juara dalam kontes desa tersebut adalah Desa Ketro, Kebonagung.

Desa Ketro sudah jauh – jauh hari mempersiapkan kontes ini, dan bahkan tak tanggung – tanggung desa yang berada di jalur utama Pacitan-Trenggalek ini memiliki segudang potensi lokal yang siap menjadi unggulan saat lomba tersebut.

“Insyaallah (optimis juara-red) karena sudah lima bulan persiapan terpadu,” kata Mokhammad Fatkhurrohman, Camat Kebonagung kepada Portal Pacitanku, Senin (3/2/2014).

Persiapan tersebut, imbuh Camat yang gemar bersosial media ini, dilakukan untuk memenuhi delapan kriteria penilaian lomba desa. “Persiapan terpadu tersebut dilaksanakan setiap hari senin dan kamis,”katanya.

Delapan indikator penilaian dalam lomba desa tersebut antara lain pendidikan, kesejahteraan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan-ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga. 

Sementara desa Ketro memiliki berbagai potensi lokal, diantaranya di bidang pendidikan ada SDN Ketro II dan SMKN Kebonagung, Industri Rumah Tangga Krecek, krupuk dan kolong dan juga kelompok Kube. Industri rumah tangga yang juga sedang digalakkan adalah sale pisang kremes.

Desa dengan karakteristik pegunungan ini akan berhadapan dengan 12 desa lain di Kabupaten Pacitan untuk memperebutkan gelar desa terbaik.

Redaktur : Robby Agustav