Finishing Terminal Bus Pacitan Ditarget Tahun Ini

oleh -715 views
terminal pacitan (dok.Pacitanku)
Terminal pacitan menjadi salah satu lokasi kedatangan pemudik di Pacitan. (dok.Pacitanku)
terminal pacitan (dok.Pacitanku)
terminal pacitan (dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Penyelesaian pembangunan terminal bus tipe A yang terletak di kawasan kota, rencananya akan segera dilakukan pada tahun ini. Terminal terbesar di Pacitan ini rencananya dapat dioperasikan mulai musim lebaran mendatang.

“Pembangunan terminal bus Pacitan mendekati rampung, meski masih ada pekerjaan yang belum selesai namun ditargetkan terminal tipe A itu selesai tahun ini,” kata Suroyo Alimoeso, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Ahad kemarin, seperti dilansir laman resmi SKPD Pacitan, Selasa (4/2/2014).

Dikatakan pria kelahiran Pacitan ini, pihaknya telah menganggarkan alokasi tambahan bagi beberapa infrastruktur pendukung yang belum ada di terminal yang telah menyedot APBN sekitar 30 milyar tersebut.

Proses finisihing tersebut diantaranya adalah pagar parkir, taman, solar cells dan saluran drainase. Total biaya yang dibutuhkan sekitar Rp.5 milyar. “Untuk saat ini prosesnya baru memasuki tahap lelang,” tandas Suroyo.

Ia juga meminta pihak pemerintah kabupaten Pacitan bisa merawat dengan baik jika pengerjaan terminal sudah diserahkan. Keberadaan dari infrastuktur di terminal ini juga diharapkan mampu mengimbangi dibukanya akses jalur lintas selatan(JLS) di Pacitan.

Seperti diketahui, terminal bus ini adalah pengembangan dari terminal bus Pacitan beberapa waktu lalu. Perluasan terminal ini diharapkan menjadi pusat dari transportasi dari dan menuju ke Pacitan. Beberapa trayek yang melewati dan singgah di terminal ini antara lain jalur Pacitan-Ponorogo, Pacitan-Solo, Pacitan-Jogja-Bandung, Pacitan-Jakarta dan trayek lokal daerah tersebut.

Redaktur : Robby Agustav