Batu Besar Hajar Dua Rumah Warga Donorojo

oleh -Dibaca 1.061 kali
Dua Bongkah Batu Besar menghajar rumah warga (Foto Wild/Pacitanku)
Dua Bongkah Batu Besar menghajar rumah warga (Foto Wild/Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO—Awal bulan Februari ini, rupanya bencana masih melanda wilayah Pacitan. Yang terbaru, bencana tanah longsor menerpa dua rumah warga di Guworejo, Sendang, Donorojo. Sebuah batu raksasa menggelinding dari atas bukit dan baru berhenti setelah menghantam dua rumah warga tepat di bawahnya, Selasa (4/2/2014) sore. Akibat benturan keras tersebut beberapa bagian rumah milik dua warga hancur.

Rumah warga yang hancur akibat batu besar tersebut adalah milik Tukirno alias Misni (40) dan Katijo (65). Penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri. Namun kerugian fisik yang diderita diperkirakan mencapai Rp 80 juta lebih.

Akibat kerusakan tersebut, bangunan dapur dan seluruh isi milik Misni porak poranda. Beruntung, seisi rumah selamat. Sebab, saat kejadian Misni merasakan suara bergemuruh dari atas bukit dan berusaha membangunkan seluruh anggota keluarganya untuk lari keluar rumah.

Namun, belum sempat beranjak dari kamar, sebuah batu besar nyelonong di ruang tengah tempat biasa mereka berkumpul. ‘’Kami bersyukur masih selamat. Biasanya saya tidur di ruang tengah. Namun, pas kejadian saya tidur di kamar,’’ ujarnya, seperti dilansir dari Radar Madiun, Rabu (5/2/2014).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 04

Dua Bongkah Batu Besar menghajar rumah warga (Foto Wild/Pacitanku)
Dua Bongkah Batu Besar menghajar rumah warga (Foto Wild/Pacitanku)

.30 WIB. Batu yang di diamater sekitar lima meter itu jatuh dari atas bukit setinggi sekitar 100 meter dengan kemiringan 45 derajat. Saat kejadian warga masih banyak yang tidur.

Sementara itu, kepala seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Pujono memperkirakan jatuhnya batu besar tersebut karena gerusan tanah setelah sehari sebelumnya di wilayah tersebut diguyur hujan lebat.

Ia menjelaskan saat menghantam rumah warga tersebut, batu terbelah menjadi dua. Sehingga, pecahan batu lainnya menimpa rumah Katijo yang berada di bawah rumah Misni. ‘’Kerusakan masuk kategori berat. Kerugiannya ditaksir mencapai puluhan juta,’’ ungkapnya.

Redaktur : Robby Agustav