Pulang ke Kampung Halaman, SBY Makan Soto khas dan Kenakan Batik Pacitan

oleh -102.696 views
SBY Mengenakan Batik Pacitan. (Foto : Humas Pemkab Pacitan)
SBY Mengenakan Batik Pacitan. (Foto : Humas Pemkab Pacitan)
SBY Mengenakan Batik Pacitan. (Foto : Humas Pemkab Pacitan)
SBY Mengenakan Batik Pacitan. (Foto : Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN—Ada yang menarik dari kunjungan Presiden RI Susilo bambang Yudhoyono (SBY) ke Pacitan hari Minggu (6/4/2014) lalu. Saat melakukan kunjungan ke kampung halamannya itu, SBY ingin bernostalgia dengan budaya khas Jawa dan Pacitan pada khususnya.

Berdasarkan pantauan, saat SBY melakukan kunjungan ke pendopo Pacitan, alunan gemelan jawa (Karawitan) menyambut Presiden SBY di aula. Pun dengan penampilan, SBY ingin sepenuhnya bernostalgia dengan kempung yang membesarkannya itu. SBY dan istrinya Ani Yudhoyono pun mengenakan batik batik khas Pacitan dengan motif pace.

Bukan hanya itu, di minggu malam pun, SBY bernostalgia dengan makan malam di Warung Makan Bu Sugiyati. Warung yang terletak di jalan raya Pacitan – Tulakan, Desa Menadi, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, ini langganan SBY semasa sekolah dulu.

 “Bapak, Ibu, anak-anakku yang saya sayangi, malam ini saya beserta keluarga datang ke rumah makan ini untuk bernostalgia,” kata SBY seperti dikutip dari laman Presidenri.go.id,  selasa (8/4/2014) .

SBY kemudian menceritakan alasan dirinya bernostalgia di warung itu. Dikisahkan SBY, semasih duduk di bangku SMP dan SMA,  ia sering melewati jalan ini dari Pacitan menuju Tulakan dan Lorok. Baik berjalan kaki, maupun menggunakan motor bersama teman-teman sejawat” jelasnya.

“Kadang-kadang juga naik truk, karena kendaraan waktu itu yang ada adalah truk, bukan bus. Alhamdulillah malam ini saya bisa berkunjung ke tempat ini. Saya baru mencicipi soto yang enak sekali, karena Soto Pacitan dan Kupat Tahu Pacitan itu yang paling enak se-Asia Tenggara,” ungkap SBY.

Redaktur : Robby Agustav