Pemilu 2014 : Demokrat dan PDIP Kuasai Pacitan

oleh -2.081
Kampanye Partai Demokrat di Pacitan. (Foto : Fajar Bachroni/Pacitanku)
Kampanye Partai Demokrat di Pacitan. (Foto : Fajar Bachroni/Pacitanku)
Kampanye Partai Demokrat di Pacitan. (Foto : Fajar Bachroni/Pacitanku)
Kampanye Partai Demokrat di Pacitan. (Foto : Fajar Bachroni/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 di Kabupaten Pacitan tidak jauh dari prediksi banyak kalangan yang mengatakan Partai Demokrat masih berkuasa di Pacitan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil rekapitulasi Badan Kesbangpol Pacitan, Rabu malam, partai pimpinan SBY tersebut merajai hasil perolehan suara dengan menduduki peringkat pertama. Sementara, PDI Perjuagan berada di posisi kedua dengan suara 5.554.

Menurut Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pacitan, Supomo, menjelaskan data tersebut masih bersifat sementara. Sebab, belum semua laporan penghitungan di tempat pemungutan suara (TPS) di 12 kecamatan di kabupaten itu sudah diterima dari Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Bakesbangpol.

Dilansir dari Tempo, Jumat 911/4/2014), menurut Supomo, suara Partai Demokrat mayoritas diraih Edhie Baskoro Yudhoyono, anak bungsu Presiden SBY. Calon legislator DPR-RI itu masuk dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VII, yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi. Edhie, yang juga Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, mendulang 23.519 suara. Tujuh caleg lain dari partai dan dapil yang sama jauh berada di bawahnya.

Supomo mengatakan rekapitulasi yang dijalankan Bakesbangpol bersifat real count karena mengacu pada data TPS yang dikirimkan oleh petugas di kecamatan melalui e-mail dan manual. “Bukan sampling seperti halnya quick count, tapi prosesnya bertahap,” katanya.

Namun demikian, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pacitan, Indartato, merasa belum lega dengan hasil penghitungan sementara yang dilakukan Bakesbangpol tersebut. Sebab, penghitungan suara untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten belum dilakukan. “Partai Demokrat untuk DPR-RI sangat mungkin menang di Pacitan, tapi tetap harus menunggu penghitungan resmi dari KPU,” ujar Indartato.

Berikut data perolehan suara 5 besar Pemilu di Pacitan (Data Kesbangpol)

  1.  Partai Demokrat
  2. PDI Perjuangan
  3. Partai Golkar
  4. Partai Keadilan Sejahtera
  5. Partai Kebangkitan Bangsa