Bangunan Lama Termakan Rayap, Griya Zakat Pacitan Bantu Warga Bangun Masjid Baru

oleh -101.980 views
Peresmian Masjid Arrahmah (Dok.pacitanku)
Peresmian Masjid Arrahmah (Dok.pacitanku)
Peresmian Masjid Arrahmah oleh Griya Zakat (Dok.Pacitanku)
Peresmian Masjid Arrahmah oleh Griya Zakat (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Sebagai bentuk kepedulian kepada warga Pacitan, Lembaga Amil Zakat Griya Zakat bekerja sama dengan masyarakat Dusun Gamping, Desa Ponggok, Pacitan menyelenggarakan pembangunan bersama masjid di kawasan yang terletak di pinggiran kota Pacitan tersebut, Jumat (21/2/2014) siang WIB.

Peresmian masjid Aisyah Nazal Al-Nuaiy’an ini merupakan bantuan kesekian kalinya yang diberikan griya zakat bekerjasama dengan Yayasan Ishlah Bina Ummat Jakarta tersebut adalah program untuk membantu pembangunan masjid hampir diseluruh kecamatan yang ada di Pacitan.

“Alhamdulillah kami (griya zakat-red) sudah membangun masjid yang ke 44 hari ini (kemarin-red) di dusun Nggamping sini, dan berharap semoga masjid ini menjadi rujukan warga untuk melakukan rutinitas ibadah harian,” kata Ririn Subiyanti, direktur Griya Zakat, kepada Portal Pacitanku usai acara peresmian pembangunan masjid tersebut.

Lebih lanjut, perempuan yang juga aktif dalam berbagai agenda taklim dan sosial ini mengungkapkan bahwa sebelum ada masjid ditempat tersebut, warga setempat menggunakan mushola yang sederhana hasil swadaya warga, namun dikarenakan termakan rayap, akhirnya mushola sederhana tersebut dirobohkan.

“Karena peristiwa tersebut, warga jadi tidak memiliki tempat ibadah, dan jika mau membangun  belum punya anggaran, sementara mayoritas warga disini berasal dari ekonomi menengah ke bawah, rata – rata adalah buruh tani. Akhirnya setelah ada komunikasi dengan tokoh setempat dengan lembaga kami, kami bekerja sama dengan penyumbang dari Kuwait segera membangun masjid ini, Alhamdulillah bisa diresmikan hari ini,” terangnya.

Setelah diresmikan, masjid dengan ukuran 8×8 meter dan bernilai 125 juta tersebut segera digunakan untuk sholat berjamaah pertama kali dengan total jamaah 102. “bantuan dari kami bekerja sama dengan timur tengah sebanyak 98 juta, sedangan sisanya berasal dari sharing warga,”jelas ibu empat anak ini.

Terpisah, Muhammad Haryanto, kepala desa setempat menyampaikan rasa terimakasih kepada tim dari penyumbang, karena dengan berdirinya masjid tersebut, otomatis warga tak perlu berjalan jauh untuk berjamaah. “Kami berterimakasih kepada griya zakat karena sangat membantu meringankan beban masyarakat sini,” tandasnya.

Rencananya, selain membangun masjid ditempat yang berada dikawasan pinggiran tersebut, griya zakat juga akan segera meresmikan masjid ke 45,46,47 di desa gendang nawangan, sengon desa sambong pacitan, kriyan sidoharjo. “Jika ada yang merasa memerlukan bantuan pembangunan masjid, bisa menghubungi tim dari griya zakat,” pungkas Ririn.

Redaktur : Dwi Purnawan Al-Munir