Tilik Desa, Cara Bupati Pacitan Tahu Kondisi Rakyatnya

oleh -Dibaca 1.534 kali
Indartato Tilik Desa Kasihan (Dok.Pacitanku)
Indartato Tilik Desa Kasihan (Dok.Pacitanku)
Indartato Tilik Desa Kasihan (Dok.Pacitanku)
Indartato Tilik Desa Kasihan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, TEGALOMBO — Sebagai seorang pemimpin, dituntut untuk bisa mengayomi rakyat yang dipimpinnya. Dan salah satu cara efektif untuk mampu mengayomi adalah tahu kondisi rakyatnya. Hal inilah yang menjadikan Bupati Pacitan, Indartato membuat program untuk mengetahui kondisi warganya bertajuk tilik warga desa.

Seperti yang dilakukan Indartato saat tilik warga di Dusun Kalitengah, Kasihan, Tegalombo, Kamis (20/2/2014) siang kemarin.

Bupati yang datang bersama rombongan kepala dinas dan pejabat di lingkungan Pemkab pun harus melewati jalan yang lumayan sulit. Namun begitu sampai di tempat tilik desa, Indartato disambut dengan begitu meriah, bahkan ratusan Siswa SD menyambut kedatangan sang pemimpin dengan antusias.

“Sowan kulo teng mriki, piye caranya iso nyenengne rakyat,” kata Indartato.

Orang nomor satu di Pacitan ini juga menyebut alokasi anggaran untuk prmbangunan di desa Kasihan cukup besar, sehingga dirinya berharap warga desa Kasihan menjadi lebih sejahtera. “Mriki alhamdulillah langkung kathah piyambak,” katanya.

Dalam kesempatan kunjungan kerakyatan itu, Indartato mendoakan warga desa yang berada di antara Kecamatan Tegalombo dan Tulakan itu. “Njenengan mriki direwangi gak ngarit. Mugi-mugi rakyat kasihan ayem tentrem,rezekinya banyak,”pungkasnya.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, warga desa Kasihan juga berterimakasih atas segala bantuan yang dikucurkan pemerintah untuk desa itu.”Alhamdulillah total biaya yang dikucurkan hingga saat ini mencapai 2,9 milyar,” kata Sudirno, Kepala Desa Kasihan.

Seperti diketahui, program tilik desa ini adalah program lanjutan dari bupati sebelumnya. Namun demikian Indartato sedikit memodifikasi model tilik desa, jika model dulu adalah setiap kecamatan satu desa. Sedangkan pengembangan konsep tilik desa ala Indartato kini adalah satu hari mengunjungi beberapa desa, setelah sebelumnya dilakukan survey terhadap desa tersebut. Sejak resmi dilantik menjadi Bupati, Indartato sudah melakukan tilik desa Di hampir semua kecamatan di Pacitan.

Redaktur : Dwi Purnawan