Ini Dia Alasan Batu Akik Bahan Kalsedon Pacitan Banyak Diminati

akik kalsedon pacitan

akik kalsedon pacitan. (Foto : Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO—Selama ini kerajinan akik Pacitan menjadi salah satu ciri khas dari Kabupaten yang berada di pesisir selatan Jawa Timur ini. Dalam kurun waktu beberapa decade terakhir, kerajinan akik Pacitan menjadi sumber mata pencaharian yang memiliki nilai ekspor yang cukup tinggi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Dan beberapa waktu lalu, salah satu yang mencengangkan adalah fenomena munculnya batuan kalsedon di wilayah Donorojo, Pacitan, yang merupakan sentra kerajinan akik terbesar di pacitan dan sekitarnya. Salah satu jenis batu mulia ini diburu warga lantaran harga jualnya cukup tinggi. Karena itu pula, warga rela menggali tanah tegalan hingga malam hari.

“Sekarang yang lagi marak batu kalsedon mas, harganya cukup mahal, kisaran 250 yang ukuran kecil sampai 2 jutaan per batu. Sehingga beberapa waktu lalu warga sini banyak yang menggali batu kalsedon untuk dijual,” kata Adi, salah satu pengrajin akik di Desa Gendaran, Donorojo, kepada Portal Pacitanku.

Sebenarnya, batuan kalsedon yang tiba – tiba membuat heboh lantaran harga jual yang tinggi ini memiliki penyebab. Nah, mari kita simak beberapa alasan harga kalsedon yang cukup tinggi di pacitan.

Seperti diketahui, batu yang sekarang disebut kalsedon adalah kuarsa jenis kriptokristalin (memiliki struktur kristal yang sangat halus) yang transparan atau tembus cahaya, digunakan sebagai hiasan dan permata.

Kalsedon tidak sekeras kuarsa murni, dan terdapat dalam jumlah besar di rongga-rongga batu vulkanis. Kalsedon yang biasa tidak sepenuhnya transparan, tetapi memiliki bintik-bintik dan pusaran putih-susu. Warnanya beragam, seperti putih, abu-abu, kuning, biru, dan cokelat.

Kalsedon merupakan batu yang umum dijadikan permata berukir pada zaman dahulu. Namanya diambil dari nama sebuah kota Yunani kuno, Kalsedon (di Asia Kecil), yang pernah menjadi sumber mineral tersebut. Ada juga yang menyebut bahwa kalsedon adalah bahan baku pembuatan a fondasi ketiga tembok Yerusalem Baru.

Tidak seperti batu-batu kuarsa lainnya yang seperti Kristal, alsedon banyak berlubang-lubang lembut, sehingga gampang untuk diberi warna-warna khusus dalam batu tersebut. Batu kalsedon tertentu akan mengkilau dari dalam setelah dipoles secara teratur. Namun warna yang paling banyak ditemui dari batu kalsedon adalah warna putih sampai abu-abu, biru-keabu-abuan dan colat terang sampai coklat gelap.

Jadi memang alasan kalsedon menjadi batuan yang cukup mahal karena memang batu jenis ini langka dan kegunaannya pun sangat banyak. Ada yang menyebut bahwa kalsedon juga bisa menyembuhkan salah satu penyakit mata. Entah hal ini benar atau tidak, yang jelas batu kalsedon adalah salah satu kekayaan alam yang berada di Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav

Batu Akik Pacitan Donorojo gendaran kalsedon kerajinan akik

Posting Terkait