Puting Beliung Terjang Pacitan, Puluhan Rumah dan Lahan Porak Poranda

oleh -13597 views
Ilustrasi Hujan Angin
Ilustrasi Hujan Angin
Ilustrasi Hujan Angin
Ilustrasi Hujan Angin

Pacitanku.com, KEBONAGUNG—Bencana alam kembali menyambangi Pacitan. Belum genap dua hari terjangan puting beliung menyambangi Pacitan, kali ini bencana serupa juga menerjang kawasan perumahan warga  Kebonagung.

Total 41 rumah rusak di kecamatan Kebonagung dengan rincian 13 rumah milik warga Dusun Karang Tengah, Desa Sanggrahan, dan 28 rumah rusak di Desa Ketro. Bagian atap rusak dengan intensitas ringan dan berat, dan hingga Rabu (22/1/2014) kemarin warga setempat melakukan perbaikan atap dan membersihkan puing bangunan yang hancur. Selain merusak rumah dan bangunan, bencana juga menyebabkan lahan perkebunan rusak.

“Kerusakannya masuk kategori ringan dan sedang,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Didit Maryanto, seperti dikutip Antara.

Dikatakan Didit, tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka akibat bencana alam tersebut. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.  BPBD belum bisa merinci nilai nominal kerugian secara pasti karena masih melakukan pendataan di lapangan.

“Kami bersama jajaran petugas kecamatan, polsek, koramil, dan masyarakat masih bergotong royong untuk melakukan evakuasi,” ujarnya.

Selain menerjang Kecamatan Kebonagung, Puting beliung juga melanda kawasan Dusun Ngobyok, Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro. Tercatat sebelas rumah mengalami kerusakan dengan intensitas ringan dan berat.

Redaktur : Robby Agustav