Pacitan Hujan Deras, Tanggul Sungai Grindulu Jebol

oleh -131.045 views
Tanggul Sungai Grindulu Jebol (Foto : Humas Pacitan)
Tanggul Sungai Grindulu Jebol (Foto : Humas Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN—Hujan deras yang terjadi di hampir semua wilayah di Pacitan hari ini, Rabu (15/1/2014) mengakibatkan volume air di Sungai Grindulu meningkat drastic. Akibatnya, tanggul penahan aliran air sungai grindulu di Barehan, Ploso tak berdaya menahan aliran yang terus meningkat tersebut.

Tanggul Sungai Grindulu Jebol (Foto : Humas Pacitan)
Tanggul Sungai Grindulu Jebol (Foto : Humas Pacitan)

Akibat jebolnya tanggul Grindulu di Barehan tersebut, air aliran Sungai Grindulu mulai menyasar areal perkebunan Warga Barehan. Berdasarkan pantauan sekitar pukul 13.00 WIB siang ini, derasnya aliran Sungai Grindulu ini menjadikan muara sungai yang berujung di Pantai Pancer tercemar air kecoklatan.

Tanah Longsor di Nawangan

Sementara itu, akibat hujan merata di Pacitan hari ini juga mengakibatkan sebuah rumah di kecamatan Nawangan tertimpa tanah longsor dari tebing. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tanah longsor tersebut terjadi karena tebing yang labil sehingga mudah tergerus air hujan, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun diprediksi warga yang tertimpa longsor tersebut mengalami kerugian material.  

Mengingat hujan yg masih mengguyur di kawasan pacitan utara, ada baiknya warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, karena bisa jadi bencana sewaktu – waktu akan terjadi, baik di sepanjang aliran sungai Grindulu maupun beberapa tempat di Pacitan yang rawan longsor.

Redaktur : Robby Agustav