Diguyur Hujan Intensitas Tinggi, Pacitan Dilanda Banjir dan Longsor

oleh -131.312 views
Jembatan di Arjosari Putus (Foto : RRI)
Jembatan di Arjosari Putus (Foto : RRI)
Jembatan di Arjosari Putus (Foto : RRI)
Jembatan di Arjosari Putus (Foto : RRI)Sunga

Pacitanku.com, PACITAN—Hujan terus menerus yang terjadi sejak Rabu (15/1/2014) dini hari hingga siang hari menyebabkan bencana di sejumlah wilayah di Pacitan. Tingginya curah hujan tak hanya menyebabkan banjir namun juga membuat tebing longsor dan mengenai rumah warga.

Air sungai Grindulu meluap hampir sepanjang daerah aliran Sungai Grindulu. Mulai Kecamatan Arjosari, aliran sungai terbesar di Kota 1001 Gua sudah mulai meluap sejak pagi hari. Permukaan air yang melampaui ketinggian bibir sungai terjadi di jalan alternatif lintas provinsi Jatim-Jateng di Desa Jatimalang. Di tempat tersebut ketinggian air sempat setinggi betis orang dewasa.

Sementara di Barehan, aliran air sungai Grindulu merobohkan tanggul Barehan. Seperti diberitakan sebelumnya, robohnya tanggul Sungai Grindulu ini akibat tidak kuatnya tanggul menahan aliran sungai Grindulu yang mengalir sangat deras.

Bahkan, akibat derasnya hempasan arus sungai, sebuah jembatan penghubung antar desa di Dusun Pajaran, Desa Pagutan putus. Jembatan berbahan lempeng besi itu roboh pada bagian ujung. Akibatnya akses warga di 3 desa seberang sungai terputus.

Tidak berhenti sampai disitu, derasnya arus Sungai Grindulu juga mengancam jalan provinsi di KM 6 Pacitan-Surabaya ruas Desa Bolosingo, Kecamatan Pacitan. Bahu jalan yang sebelumnya tergerus terancam mengalami kerusakan lebih luas karena dihantam aliran air. Padahal saat ini sedang dalam proses perbaikan.

“Masyarakat yang tinggal di dekat sungai dan daerah rawan longsor saya minta bersiap-siap,” imbau Bupati Indartato, seperti dikutip RRI, saat meninjau lokasi di Arjosari Rabu (15/1/2014).

Longsor di Nawangan dan Tulakan

Bencana longsor juga terjadi di Kecamatan Nawangan, sedikitnya dua rumah warga hancur tertimbun longsor. Aparat terkait masih melakukan inventarisasi kerugian.

Bencana longsor juga terjadi di jalur utama Pacitan menuju Tulakan. Tebing jalan mengalami longsor dan material tebing memakan setengah dari lebar jalan. Dikarenakan semakin derasnya hujan, kemungkinan besar longsor susulan bisa terjadi sehingga menghambat perjalanan.

Redaktur : Robby Agustav