Antisipasi Bencana, Pemerintah Pasang Alat Deteksi Tsunami di Perairan Pacitan

oleh -131.055 views
Teleng Ria
Teleng Ria (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya gelombang Tsunami di sepanjang perairan selatan Pacitan, Pemerintah memasang alat deteksi tsunami di sepanjang pantai selatan di wilayah ini.  

Pemerintah secara khusus memasang dua perangkat pendeteksi tsunami berupa “tide gouge”, sejenis peralatan elektronik canggih yang mampu memberi informasi cepat mengenai perubahan ketinggian permukaan air laut di pesisir selatan.

“Salah satu perangkat ini canggih elektronik telah terpasang pada Desember 2013 di teluk Pacitan, dan satu lagi akan dipasang dalam waktu dekat, untuk mendeteksi terjadinya tsunami,” kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Ratna Budiono seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (3/1/2014).

“Satu alat lainnya akan dipasang di sekitar Pantai Tawang, Kecamatan Ngadirojo, dalam waktu dekat,” kata Ratna.

Alat deteksi Tsunami tersebut berfungsi sebagai pemberi informasi kepada masyarakat Pacitan kenaikan air laut di sepanjang pantai selatan di Pacitan.

Ratna mengungkapkan, pemasangan atau penempatan piranti pendeteksi perubahan ketinggian permukaan air laut itu idealnya dilakukan di tengah laut atau dekat dengan titik lempeng. Namun, dengan pertimbangan keterbatasan anggaran untuk biaya membangun peranti pendukung lain, seperti tiang pancang di tengah laut yang sangat mahal, pemasangan akhirnya ditempatkan di dalam kawasan bertipikal perairan tenang, agar kinerja perangkat tidak kacau.

“Idealnya setiap 40 kilometer ada peralatan itu. Jika air tidak tenang, ‘tide gauge’ akan mengirimkan sinyal palsu,” jelasnya.

Pemasangan alat itu dilakukan oleh tenaga dari BPPT dan Kementerian Riset dan Teknologi, dibantu para personil BPBD.

Keterlibatan BPBD dalam pemasangan lebih ditujukan pada upaya alih teknologi, karena dalam proses selanjutnya pemeliharaan maupun pengoperasian alat serta perangkat dilakukan pihak BPBD. Tide gauge merupakan peralatan yang berfungsi sebagai pengumpul data perubahan tinggi permukaan air laut. Selain di Kabupaten Pacitan, ada tiga peralatan serupa dipasang di sejumlah tempat di Indonesia, membentang dari dekat Sumatera hingga selatan Nusa Tenggara.

Seperti diketahui, Pacitan merupakan salah satu daerah rawan bencana bumi yang disertai gelombang tsunami. Sebab, di wilayah perairan laut selatan membentang lempeng bumi Indo-Australia yang kerap mengalami pergeseran maupun tumbukan dengan lempeng Eurasia.

Redaktur : Robby Agustav