Pemkab Pacitan Siapan 27 M Untuk Petani

oleh -13508 views
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)
Persawahan di Bandar Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Sebagai bentuk komitmen Pemerintah untuk mengambangkan sektor pertanian di Pacitan, Pemerintah Kabupaten Pacitan menyiapkan anggaran senilai 27 milyar rupiah. Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli peralatan pertanian, seperti jaringan irigasi, Pum Track, pompa air, Hand traktor, pengembangan Dam Parit serta pembuatan irigasi tanah. Selain itu juga diserahkan bantuan sapi perah dan sapi potong serta sepeda motor pendukung kerja bagi penyuluh pertanian.

Pemberian bantuan alat pertanian tersebut diserahkan oleh Bupati Pacitan Indartato, Selasa (31/12/2013) dan diterima oleh 13 gabungan kelompok tani dan kelompok tani di Pacitan. “Dengan alat-alat pertanian yang memadai diharapkan semangat petani untuk mengolah lahan pertanian semakin meningkat, muaranya, produksi pertanian akan turut meningkat,” kata Indartato seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Pacitan.

Rencananya, anggaran untuk alat pertanian tersebut diambil dari dari APBN sebesar Rp.17 M, APBD Prov Rp.3 M dan APBD Kabupaten Rp. 7 M, sehingga total bantuan 27 milyar rupiah. Diharapkan dengan biaya sedemikian besar akan mampu mencukupi kesejahteraan petani dan ketercukupan pangan.

“Khusus kepada penyuluh pertanian, kami minta agar selalu sabar dan telaten mendampingi petani. Ini dimaksudkan agar jika muncul persoalan dilapangan dapat segera tertangani. Pun demikian dengan ketersediaan pupuk, harus selalu terkontrol,” terangnya.

Indartato juga memuji pertanian di Pacitan yang menurutnya semakin mengalami kemajuan. Hal itu berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan Dan Pertenakan, bahwa dari tahun ke tahun produksi padi Pacitan selalu memenuhi target. Tahun ini pihaknya menargetkan peningkatan produksi sebanyak 2,3 ton per hektar dari hasil produksi sebelumnya sebesar 5,5 ton per hektar.

“Dengan awal musim tanam yang baik serta peralatan penunjang pertanian yang memadai, kami optimis target tersebut dapat terpenuhi,” kata Pamuji, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Pacitan. (Rob/Riz/HumasPmkb)