Ini Dia Destinasi Wisata di Ngadirojo, Alternatif Liburan Anda

oleh -132.221 views
Pantai Puring
Pantai Puring

Pacitanku.com, NGADIROJO—Jelang akhir tahun, tentu menjadi saat yang tepat bagi anda dan keluarga untuk sejenak menyegarkan pikiran dengan mengunjungi obyek wisata di Pacitan. Namun, barangkali anda sudah memikirkan atau bahkan mengetahui bahwa obyek  wisata di Pacitan yang sudah popular, seperti Pantai Klayar, Goa Gong dan Pantai Teleng Ria akan ramai dikunjungi wisatawan, sehingga kondisi tersebut membuat anda kurang nyaman. Meskipun tempatnya bagus, tapi refreshing memang membutuhkan suasana rileks, santai, dan jauh dari keramaian.

Jangan khawatir, Pacitan adalah gudangnya obyek wisata yang bagus, sehingga anda tidak perlu pusing mau menentukan pilihan berkunjung ke obyek wisata di Pacitan. Salah satu destinasi yang mungkin bisa menjadi paket liburan anda sekeluarga adalah berkunjung ke Kecamatan Ngadirojo, atau orang Pacitan sering menyebutnya dengan Lorok. Nah, di Kecamatan ini, anda akan dimanjakan dengan suguhan berbagai obyek wisata yang menarik dan tentunya menjadikan liburan tahun baru anda menyenangkan.

Jalur Lintas Selatan Pacitan

JLS Pacitan dekat Laut Taman
JLS Pacitan dekat Laut Taman

Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan adalah salah satu tempat favorit wisata anda di Pacitan. Jalur yang baru dibuka beberapa waktu lalu tersebut menawarkan pesona keindahan tersendiri bagi siapapun yang berada di sana. Dengan kondisi yang masih mulus, JLS Pacitan membelah pegunungan dan hutan di Kecamatan Kebonagung, Tulakan, Ngadirojo dan Sudimoro.

Dan hampir di sepanjang JLS ini, anda bisa menyaksikan begitu eloknya pemandangan laut yang bisa anda saksikan langsung dari JLS. Letak JLS yang persis berada di pinggir laut menjadikan jalur ini mirip dengan Great Ocean di Australia. Anda pun bisa dengan leluasa berhenti sejenak di beberapa titik strategis untuk sekedar menikmati sejuknya udara JLS dan berfoto ria bersama keluarga tercinta.

Pantai Puring

Pantai Puring Pacitan (Dok.Pacitanku)
Pantai Puring Pacitan (Dok.Pacitanku)

Jika anda pernah melihat Jalur Great Ocean di Australia, maka tempat ini hampir dikatakan mirip dengan tempat tersebut. Namanya adalah adalah Pantai Puring, yang terletak di Segara Anakan, Sidomulyo, Ngadirojo, atau tepat di pinggir JLS Pacitan, pemandangan ala great ocean bisa anda saksikan dan dinikmati bersama keluarga.

Di Pantai ini, anda akan dimanjakan dengan suasana segar khas pantai, ombak khas laut selatan, disertai  panorama kanan dan kiri yang indah, biru dan hijau. Walaupun pantai Puring ini tidak berpasir putih, namun keadaan bibir pantainya lebih landai dibanding Pantai Taman.

Suasana akan semakin nikmat jika anda sejenak duduk di tepi jalan Pantai Puring sembari menyaksikan semburat ombak yang seringkali menerpa pengunjung dengan nakal, atau ada alternatif lain anda bisa juga bisa menikmati sajian kuliner dari pedagang yang berjejer rapi di bibir great ocean Pantai Puring ini.

Jembatan Soge

Jembatan Puring
Jembatan Puring (Dok.Pacitanku)

Salah satu tempat yang menarik untuk anda kunjungi lainnya adalah Jembatan Soge, atau ada juga yang menyebut dengan jembatan puring karena letaknya berada di kawasan Pantai Puring. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 100 meter ini sering dijadikan wisatawan sebagai tempat nongkrong dan berfoto ria, atau lebih banyak menikmati pemandangan lepas pantai Puring saat pagi atau senja hari.

Dan memang saat – saat yang tepat mengabadikan momen indah di jembatan ini adalah saat senja hari, dan anda bisa menikmati lembayung senja yang elok. Setelah puas berfoto ria, anda pun bisa menikmati makanan kecil dan minuman yang tersaji oleh para pedagan makanan dan minuman yang menjajakan dagangannya di pinggir jembatan soge.

Pantai Tawang

Laut Anakan Pantai Tawang (Foto : Panoramio)
Laut Anakan Pantai Tawang (Foto : Panoramio)

Salah satu destinasi kunjungan wisata yang layak untuk anda kunjungi adalah Pantai Tawang, yang merupakan sebuah pantai yang unik karena jaraknya dangkal, ideal bagi yang ingin mencoba mandi atau berenang di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang menyerupai kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat.

Pantai ini ditempuh dari obyek wisata sebelumnya yakni Pantai Puring sekitar 5 sampai 10 menit.  Pantai Tawang ketika dilihat sekilas, malah lebih mirip sebuah telaga, karena kondisinya yang tenang dan tanpa ombak , tidak seperti Pantai di Pacitan lainnya. Perahu tradisional warga sekitar Tawang yang berjejer rapi menambah keindahan suasana Pantai yang masih alami ini.

Pantai Tawang, selain pemandangannya yang elok, juga menyimpan potensi dalam hal perikanan. Warga sekitar menggantungkan hidupnya dari nelayan di Laut pantai Tawang ini.di Pantai ini ada pasar ikan, TPI (tempat Pengolahan Ikan). Anda pun bisa membeli ikan segar dengan berbagai macam jenis untuk anda berikan kepada keluarga di rumah.

Pantai Taman

Pantai Taman
Pantai Taman

Pantai Taman adalah obyek wisata Selain Pantai Soge dan Pantai Tawang, obyek wisata Pantai yang berada di kawasan Kecamatan Ngadirojo adalah Pantai Taman. Pantai Taman yang berada di desa Hadiwarno ini merupakan obyek wisata unggulan di Kecamatan tersebut. Dengan ciri khas garis pantai yang panjang, menjadikan pantai ini menjadi sarana wisata keluarga anda.

Pantai ini juga sekaligus tempat puncak kunjungan obyek wisata anda di Kecamatan Ngadirojo, karena sekarang sudah tersedia bermacam fasilitas penunjang obyek wisata, seperti wahana Flying Fox terpanjang di Indonesia dengan jarak 400 meter, arena konservasi penyu dan juga ada arena outbond.

Khusus untuk wahana Flying Fox, biasanya wahana ini buka di hari Sabtu dan Ahad, dan anda cukup mengeluarkan ang 25 ribu rupiah untuk menikmati sensai terbang di angkasa selama beberapa menit. Namun untuk mencoba wahana yang satu ini dibutuhkan nyali besar, karena dipastikan jantung anda akan berdegup lebih kencang.

Batik Cokrokembang

Nah, sebagai oleh – oleh keluarga anda dirumah, boleh juga anda membeli salah satu kerajinan tangan khas Pacitan, yakni Batik.

Batik Pacitan
Batik Pacitan

Untuk produk batik dari Kecamatan ini adalah batik puri. Tempat pembuatan batik Puri ini tepatnya di desa cokro kembang. Batik jenis ini memiliki motif khas Pacitan, seperti Motif Sidomulyo, sekar jagat, Semen Romodan kembang-kembang.

Untuk kuaitas, jangan tanyakan lagi, dijamin batik Surabaya, Jakarta, Solo, Tanjung Pinang, Singapura dan Yogyakarta. Karena salah satu potensi unggulan yang diyakini kedepan akan menjadi komoditas uatama Pacitan dari sektor ekonomi adalah potensi batik Pacitan.

Kolong Klitik

Kolong Klithik Pacitan
Kolong Klithik Pacitan

Anda capek seharian muter – muter obyek wisata di Ngadirojo, jangan khawatir, mungkin adan perlu membeli salah satu olahan asli Kecamatan Ngadirojo, yakni kolong klitik. Rasanya yang renyah, gurih dan nikmat menjadikan kolong klitik ini teman perjalanan anda sampai rumah. Harganya pun cukup terjangkau dan dijamin camilan satu ini bebas dari bahan pengawet yang berbahaya.

Nah, itu dia destinasi wisata di Kecamatan Ngadirojo yang layak jadi referensi liburan akhir tahun anda. Selamat berlibur dan menikmati indahnya panorama Pacitan.

Redaktur : Dwi Purnawan