Pantai Tawang, Pantai Sejuk Surganya Ikan

oleh -131.336 views
Laut Anakan Pantai Tawang (Foto : Panoramio)
Laut Anakan Pantai Tawang (Foto : Panoramio)
Laut Anakan Pantai Tawang (Foto : Panoramio)
Laut Anakan Pantai Tawang (Foto : Panoramio)

Pacitanku.com, NGADIROJO– Selain di wilayah barat, Pantai – pantai di Pacitan juga banyak terdapat di sisi timur Kabupaten Pacitan. Dan salah satu kecamatan yang mendapatkan areanya banyak di Pantai adalah Kecamatan Ngadirojo. Tercatat ada pantai – pantai yang cukup produktif di wilayah ini, seperti pantai Tawang, Pantai taman, Pantai Pidakan (sebagian masuk wilayah Tulakan).

Pantai Tawang misalnya, Pantai ini adalah salah satu pantai yang eksotik di wilayah Kecamatan Ngadirojo, atau sering disebut masyarakat dengan Lorok. Pantai tawang dikenal banyak orang karena potensi perikanannya dan juga keelokan pemandangannya.

Pantai Tawang berada di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Pantai ini adalah sebuah pantai yang nampak masih asri dengan pemandangan naturalnya yang sejuk akan menggoda mata kita untuk menuju tempat itu. Pantai ini dapat anda tempuh dari pusat Kota Pacitan sekitar 30 Km atau sekitar 1 jam perjalanan, dan jalannya pun lumayan agak susah karena berkelok – kelok dan banyak tikungan.

Keunikan Pantai Tawang karena jaraknya dangkal, sangat ideal bagi yang ingin mencoba mandi atau berenang di air laut, hal ini dikarenakan posisi teluk yang menyerupai kantong sehingga arus lautnya tidak begitu kuat. Namun jangan khawatir, setelah sampai dilokasi anda akan dimanjakan oleh Pesona Pantai ini. Pantai Tawang ketika dilihat sekilas, malah lebih mirip sebuah telaga, karena kondisinya yang tenang dan tanpa ombak , tidak seperti Pantai di Pacitan lainnya.

Tempat Pengolahan Ikan warga

Perahu tradisional warga sekitar Tawang yang berjejer rapi menambah keindahan suasana Pantai yang masih alami ini. Selain pemandangannya yang elok, juga menyimpan potensi dalam hal perikanan. Warga sekitar menggantungkan hidupnya dari nelayan di Laut pantai Tawang ini.di Pantai ini ada pasar ikan, TPI (tempat Pengolahan Ikan).

Selain anda bisa menikmati pemandangannya, anda juga bisa membeli ikan – ikan segar yang baru daiambil dari Laut dengan beraneka ragam jenisnya, dan harganya pun dijamin murah. Selain anda bisa membawanya pulang ke rumah untuk oleh – oleh keluarga, anda pun bisa menikmatinya langusng ditempat dengan memanfaatkan jasa nelayan setempat dengan cara dibakar.

Akhirnya, anda pun akan dimanjakan oleh obyek wisata yang satu ini. Selain menikmati sejuknya pemandangan, sambil menikmati semilirnya angin dan birunya air laut, anda bisa menikmati ikan bakar yang harum.

Redaktur : @RobbyAgustav