Pancer Door, Kawasan Geopark dan Alternatif Olahraga Surfing di Pacitan

oleh -13825 views
Orang Sedang Pacran di Pancer

Pacitanku.com, PACITAN—Selain Pantai Teleng Ria, salah satu pantai di Pacitan kota yang layak untuk anda jadikan jadwal kunjungan wisata anda adalah Pantai Pancer Door. Pantai ini berada dengan jarak sekitar 3 Km dari pusat Kota Pacitan. Pantai ini terletak di desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Selain sebagai sarana wisata pantai, kawasan Pancer Door juga sering digunakan untuk sarana perkemahan dan juga untuk olahraga surfing. Untuk Lokasi perkemahan, di pancer door pernah digunakan untuk kemah Nasional (Jambore Nasional), seluruh Praja Muda Karana se-Indonesia bergabung jadi satu di Pancer Door. Selain Pramuka, yang menggunakan pun banyak, misalnya PMR, Saka, Camp Pribadi, dan sebagainya.

Sedangkan di pantai bagian timur, terdapat muara sungai terpanjang di Pacitan, yakni sungai Grindulu yang biasanya digunakan sebagai tempat mancing. Di sebelah timur sungai terdapat tebing kapur, dan sejak tahun lalu, kawasan Pancer Door ini sudah termasuk menjadi kawasan geopark Pacitan, selain beberapa tempat lainnya.

Sementara itu di bagian utara, kita akan melihat perbukitan yang menjadi hulu sungai Grindulu. Di pantai ini juga terdapat daerah cukup lapang yang sepertinya enak bukan kemping. Namun, yang disayangkan bahwa kondisi pasir pantai ini kecoklatan dan di dekat aliran sungai dan termasuk daerah yang kotor karena tercemar sungai Grindulu.

Pada tahun 2012 lalu, pantai ini termasuk menjadi sasaran pemerintah dalam upaya menjadikan kawasan tersebut sebagai sabuk hijau kota Pacitan. Dari ribuan pohon yang tertanam dilahan seluas 9000 meter persegi tahun 2008, luasanya kembali ditambah

Dipilihnya kawasan Pancer Door untuk pengembangan sabuk hijau karena diwilayah tersebut berdampingan dengan kawasan pemukiman. Sehingga keberadaan green belt sangat dibutuhkan.

Sedangkan Sebagai tempat olahraga, sekitar daratan  pantai pancer setiap sore didominasi oleh anak-anak muda Pacitan guna melemaskan otot-otot dengan jogging, naik sepeda pancal, sepak bola, dsb. Sedangkan dengan ombak yang deras, didominasi ombak yang layak untuk berselancar mengundang simpati para peselancar dalam negeri maupun mancanegara, jadi Pantai ini adalah salah satu alternative olahraga surfing anda, selain Pantai Watukarung.