Tahun Depan, Pemkab Canangkan Promo Wisata Pacitan Paradise of Java

oleh -305 views
Kawasan Klayar (Dok.Pacitanku)
Kawasan Klayar (Dok.Pacitanku)
Kawasan Klayar (Dok.Pacitanku)
Kawasan Klayar (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Dalam rangka mengembangkan potensi wisata Pacitan dan meningkatkan promosi wisata daerah asal Presiden SBY tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan siap mencanangkan program promosi wisata. Promosi wisata Pacitan itu rencananya akan digunakan untuk menggaet wisatawan asing di daerah pesisir selatan Jawa Timur itu.

Menurut Kepala Dinas Budaya, pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Eny Setyowati, promo wisata tersebut akan menggunakan jargon Paradise of Java. “Rencananya kami akan meluncurkan progam itu bersamaan dengan Hari Jadi Pacitan pada 19 Februari tahun depan. Kami juga siapkan berbagai event agenda kunjungan wisata di Pacitan,” jelasnya seperti dikutip dari Tribunnews, Kamis (12/12/2013).

Terpisah, sebagai bagian dari promo wisata daerah, Bupati pacitan Indartato telah mendaftarkan Pacitan sebagai kawasan Geopark ke Geopark Global Network (GGN). Pomo wisata dilakukan dengan menggandeng Geopark Gunungsewu yang meliputi wilayah Kabupaten Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul.

Tindaklanjut dari pengajuan itu, sudah datang sejumlah asesor dari Unesco yang menilai kelayakan Pacitan masuk dalam GGN. Di antaranya Prof Patrick asal Australia, Prof Ibrahim dari Malaysia dan Prof Guy Martin dari Prancis. Para asesor telah memberikan sejumlah rekomendasi.

“Melihat potensi wilayah kami memang sumber daya alamnya cocok untuk pariwisata. Kalau untuk pertanian kurang cocok,” jelas Bupati Pacitan Indartato.

Indartato pun optimistis dengan menggarap potensi wisata bakal mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Pacitan yang selama hanya Rp 67 miliar.“Kedatangan wisatawan asing itu tentu sangat menguntungkan bagi kami. Apalagi potensi ini belum banyak kami promosikan,” pungkasnya.

Redaktur : Robby Agustav