Cuaca Buruk, Pasokan Ikan di TPI Tamperan Turun Drastis

oleh -337 views
Perahu Nelayan berjejer di Pelabuhan Tamperan (Dok.Pacitanku)
Perahu Nelayan berjejer di Pelabuhan Tamperan (Dok.Pacitanku)
Perahu Nelayan berjejer di Pelabuhan Tamperan (Dok.Pacitanku)
Perahu Nelayan berjejer di Pelabuhan Tamperan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Cuaca buruk yang menyelimuti wilayah Kabupaten pacitan akhir – akhir ini berdampak kepada terhambatnya produksi ikan di pesisir Pacitan, terutama di sekitar Pelabuhan Tamperan. Terhambatnya pasokan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) tersebut disebabkan karena ratusan nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai (P3) Tamperan Pacitan urung melaut. Diperkirakan, kondisi buruknya cuaca akan berlanjut hingga beberapa pekan mendatang.

Dari pantauan, tempat pelelangan ikan (TPI) terbesar di Pacitan itu sepi dari aktivitas nelayan yang biasanya menimbang hasil tangkapan. Akibatnya, hasil tangkapan nelayan kurang dari tujuh ton dalam sehari. Jumlah itu menurun drastis jika dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya yang mencapai sepuluh ton perharinya. ‘’Sudah beberapa hari yang lalu hasil ikan memang menurun,’’ kata Heru, salah seorang pengelola PPP Tamperan Pacitan, seperti dikutip dari Radar Madiun, Kamis (12/12/2013).

Heru menjelaskan, turunnya pasokan ikan sering terjadi pada penghujung tahun seperti bulan Desember ini. Factor utama adalah pengaruh cuaca akibat musim penghujan menjadi faktor enggannya nelayan melaut. Saat ini bulan dalam posisi terang, sehingga hal itu juga berpengaruh pada tingginya gelombang air laut.. ‘’Kalau sudah bagus cuacanya, nelayan otomatis akan segera melaut,’’ tandasnya.

Tercatat dari pantauan, puluhan perahu jenis slerek, porseine, maupun sampan yang berukuran kecil terlihat berjajar dalam kondisi lego jangkar di kolam-kolam labuh kapal. Sebagian, ada yang dibiarkan terparkir di sepanjang muara sungai yang ada di salah satu ujung pelabuhan Tamperan.

Redaktur : Robby AGustav