Terasi Pacitan, Bumbu Berkualitas Pelengkap Masakan Anda

oleh -131.071 views
terasi pacitan
terasi pacitan
terasi pacitan
terasi pacitan

Pacitanku.com, PACITAN—Bagi anda penikmat kuliner oseng – oseng  atau masakan pedas lainnya, tak lengkap rasanya jika belum menambahkan campuran terasi udang rebon Pacitan sebagai bumbu tambahan anda. Karena terasi udang rebon khas Pacitan ini memang cukup terkenal, bahkan penyebaran dan daerah pemasarannya sudah merata di seluruh wilayah di Indonesia.

Seperti diketahui, Terasi adalah komponen masakan Indonesia yang sangat digemari, terbuat dari campuran ikan-ikan kecil dan udang yang difermentasikan, dibuat seperti adonan berwarna hitam semu coklat. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia, seperti oseng – oseng cakangkung dan sejenisnya.

Dan Pacitan sebagai daerah pesisir, tentu memiliki terasi yang khas dan terbuat dari udang rebon yang berkualitas tinggi, tanpa penambahan bahan pengawet sehingga terasi udang ini aman untuk dikonsumsi siapa saja.

Dari penelusuran tim Portal pacitanku, area pemasaran terasi Pacitan ini sudah terkenal hingga ke luar jawa “terasi kami sudah lama, sekitar 10 tahunan, daerah pemasarannya pun hampir diseluruh daerah di Indonesia, dan saya juga pernah bertugas mengirim terasi ke luar Jawa,” kata Dian Agus Priatmoko, salah satu marketing produsen terasi Kapal Layar Pacitan, saat dihubungi Portal pacitanku, Kamis (12/12/2013).

Sementara itu, Rizka Ayu Pramita, salah satu pengelola terasi Inggil Pacitan juga membenarkan bahwa produksi terasi Pacitan yang terbuat dari udang Rebon sudah teruji kualitasnya, sehingga daerah pengirimannya pun mencakup wilayah nusantara. “Terasi Pacitan terkenal tahan lama mas, sehingga pengirimannya jauh,” katanya.

Terpisah, Marsiyah, salah satu produsen terasi di daerah teleng Ria menyatakan bahwa rata – rata pesanan yang terbanyak dari Jakarta, sehingga rumah produksinya harus menyediakan terasi hingga 10 ton selama sebulan. “ DIkirimnya ke Jakarta mas, dan kelebihan kita terasinya tidak dicampur apapun, hanya garam dan udang saja,” tandasnya.

Selain kualitas yang baik, terasi Pacitan juga terkenal dengan harga yang murah, sehingga terasi Pacitan cenderung banyak peminatnya. “Jika harganya gelondongan kita menjual 30 ribu mas, namun jika dijual per bungkus, harganya 5 ribu per 100 gram atau per bungkus,” pungkasnya.

Redaktur : Robby Agustav