Rahasia Sukses Google (2) : Bikin Tempat Kerja Senyaman Mungkin

oleh -13461 views
Kantor Google Indonesia (Foto : DetikInet)
Kantor Google Indonesia (Foto : DetikInet)
Kantor Google Indonesia (Foto : DetikInet)
Kantor Google Indonesia (Foto : DetikInet)

Pacitanku.com, JAKARTA— Selain mekanisme pengelolaan perusahaan, keunggulan Google yang penting untuk menjadikan inspirasi adalah pengelolaan kantor yang unik dan menarik. Tentu hal tersebut ditujukan agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan lancar. Berikut hasil penelusuran redaksi Pacitanku.com melalui beritasatu terkait kantor Google Indonesia.

 Dan sudah bukan rahasia jika Google menyediakan tempat kerja yang berbeda dari perusahaan pada umumnya. Jika melihat tampilan kantor pusatnya di California, Amerika Serikat, kantor Google terlihat seperti taman kanak-kanak dengan perabotan warna-warni, gambar di setiap dinding, dan bahkan tersedia bermacam mainan.Hal serupa juga terlihat di kantor Google Indonesia yang terletak di lantai 28 gedung Sentral Senayan II, Senayan, Jakarta. Dari pintu masuk, sudah tampak hiasan balon yang dibentuk menjadi gerbang.

Sementara, di balik meja penerima tamu, terlihat logo Google yang biasa dijumpai di laman utamanya ketika dibuka di perambah.Jika dilihat lebih dekat, logo Google ditemani oleh beberapa cetakan yang dipakai untuk membatik. Namun, yang unik dari kantor baru Google Indonesia itu bukan hanya hiasannya, penamaan setiap ruangan pun demikian. Contohnya, Alun-alun dijadikan nama untuk ruangan rapat.

Penamaan yang unik itu rupanya memang disengaja agar Google di seluruh dunia penasaran dengan apa yang dimiliki cabangnya di Indonesia. Rudy mengatakan nama-nama ruangan lain, seperti Gelora Asmara, Bung Karno, Potong Bebek Angsa, Gudang Rezeki, dan Cucok.

Suasana santai seperti yang selalu dipamerkan Google di kantor pusatnya, juga terasa di setiap sudut kantor Google Indonesia. Di lantai dua, tepat di atas meja penerima tamu, terdapat area bermain yang juga bisa dijadikan tempat kerja.Di area itu, tersedia TV layar datar dengan konsol Xbox dan sofa empuk. Bahkan beberapa meter di sebelahnya, ada tempat untuk berolah raga. Namun, kenyamanan yang ada di setiap jengkal itu itu rupanya tidak bisa dipakai untuk sebagai tempat menginap.

Google menerapkan suatu peraturan yang disebut No Camping! di seluruh ruangan yang ada di kantor.Menurut pengumuman yang ditemukan di sebuah ruangan kecil bernama Ondel-ondel dan di beberapa ruangan serupa lainnya, karyawan mana pun dilarang memesan ruangan tersebut untuk dijadikan tempat menginap.