Bupati Pacitan Minta Kades Bekerja Dengan Baik

oleh -13732 views
Indartato
Indartato
Indartato
Indartato

Pacitanku.com, PACITAN— Indikator keberhasilan pembangunan sebuah daeraah terletak dari manajemen kepemimpinan yang baik dari masing – masing pemimpin. Oleh karena itu tugas dan kewajiban seorang pemimpin adalah mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan mengayomi rakyatnya.

Pun demikian pemimpin di tingkat pedesaan, yakni kepala desa, tentu memiliki peran vital dalam mensukseskan berbagai program pemerintah. Untuk itu, seorang kepala desa atau lurah harus mampu menjalankan manajemen pemerintahan dengan baik, jujur dan tanggungjawab.

Hal tersebut disampaikan oleh BUpati Pacitan, Indartato saat memberikan arahan kepada Kades dan Lurah se-Kabupaten Pacitan, di Pendopo Pacitan, Kamis (5/12/2013). Dikatakan Indartato, dengan mendasarkan kejujuran dan tanggungjawab, maka roda pemerintahan akan berjalan dengan baik. “Tentu juga dengan tidak meninggalkan aspek taat hukum serta transparan,” tandasnya, seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Pacitan.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa seorang Kades atau Lurah harus mengedepankan musyawarah dalam menentukan berbagai keputusan, termasuk menyusun perencanaan program kerja desa.

“Begitu juga dalam hal pelaksanaan hingga pertanggungjawaban nanti, sesuai aturan kepala desa dalam menjalankan pemerintahan berkewajiban memberikan pertanggungjawaban bukan hanya kepada Bupati, namun juga kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan masyarakat,” jelasnya.

“Indikator keberhasilan dari proses perencanaan hingga pelaksanaan ini jika masyarakat dapat menikmati dan merasakan hasilnya, sementara dari sisi administrasi anggaran dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel,” pungkasnya.

Seperti diketahui, rapat kerja Kepala Desa Se kabupaten Pacitan diikuti oleh  166 desa dan 5 kelurahan. Dalam kesempatan tersebut turtu hadir pula Kepala Badan Perencanaan dan Penanaman Modal (Bappeda), Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bapemas Pemdes) Dan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). (Riz/Pct/Hms)

Redaktur : @RobbyAgustav