Pacitan Termasuk Daerah Rawan Tsunami

oleh -13895 views
BPBD Jatim
BPBD Jatim

Pacitanku.com, PACITAN—Kabupaten Pacitan yang merupakan Kabupaten yang berada di wilayah pesisir laut selatan berada dalam daerah kategori rawan Tsunami. hal tersebut disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim,bahwa ada delapan daerah termasuk Pacitan  yang akan terkena bencana Tsunami. Apalagi, pada awal tahun ini akan memasuki musim penghujan.

BPBD Jatim
BPBD Jatim

Menurut Kepala BPBD Jatim, Sudharmawan mengatakan rata-rata delapan daerah tersebut berada di sebelah selatan Pulau Jawa. “Dari selatan sampai utara semua rawan bencana termasuk Tsunami. delapan daerah itu antara lain Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulung Agung, Lumajang, Malang, Ponorogo, Jember sampai Banyuwangi,” jelasnya, seperti dikutip dari Skalanews, baru – baru ini.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan ini menyatakan bahwa delapan daerah tersebut masuk dalam kategori rawan bencana karena posisinya berada di jalur yang dilintasi dua lempeng, yakni lempeng Eurasia dan Indo Australia.

Untuk mengantisipasi bencana yang mungkin bisa datang pada musim penghujan ini, BPBD Jatim telah melakukan pemetaan, termasuk membuat master plan dengan membuat peringatan dini. “Kami telah melibatkan semua unsur dari pemangku pemerintahan daerah setempat dengan melibatkan BPBD Provinsi, TNI, Polri, tim SAR, relawan dan masyarakat,” pungkasnya.

Redaktur : @RobbyAgustav