Menengok Industri Rumahan Batu Akik Gendaran Pacitan

oleh -132.589 views
Adi salah satu penjual akik Pacitan
Batu Mulia Pacitan
Batu Mulia Pacitan

Pacitanku.com, DONOROJO—Sudah bukan rahasia lagi jika Pacitan adalah kota dengan sejuta potensi. Selain potensi wisatanya yang banyak dan prospektif, potensi kerajinan asli daerah pesisir selatan Jawa Timur ini juga menjadi andalan untuk mendongkrak perekonomian daerah. Adalah kerajinan batu akik Pacitan, yang keberadaannya sangat terkenal di seluruh penjuru tanah air, menjadi referensi para pecinta batu akik untuk berduyun – duyun mengunjungi pusat kerajinan batu akik Pacitan, di Desa Gendaran, Donorojo.

Banyaknya potensi batu mulia di daerah ini membuat warga sekitar segera mengolahnya

Adi salah satu penjual akik Pacitan
Adi salah satu penjual akik Pacitan

menjadi kerajinan seni bernilai tinggi. Bahkan saking banyaknya, hamper setiap warga di Desa Gendaran membuat industri rumahan sendiri untuk menjual batu akik Pacitan. “Kurang lebih ada sekitar 50 rumah disini yang membuka sendiri kerajinan home industry batu akik Pacitan,” kata Adi, salah satu pengrajin batu mulia Pacitan dari Desa Gendaran, Senin (11/11/2013) pagi WIB.

Namun demikian, potensi batu akik Pacitan belum berkembang secara maksimal. Itu terlihat dari pengelolaan salah satu produksi batu mulia khas Pacitan ini yang hanya dikelola mandiri atau swadaya masyarakat setempat. “Kita sih bisa mengelola sendiri, namun ya hasilnya seperti ini, kalau hari biasa agak sepi pembeli, tapi kalau pas hari pasaran setiap Kliwon, kita menjual akik di Pasar Sukodono lumayan ramai mas,” tandas Adi.

Gendaran yang merupakan salah satu Desa di Kecamatan Donorojo ini memang memiliki keunggulan potensi, yakni potensi batu akik atau batu mulia yang tidak dimiliki desa – desa lain di Pacitan. Sejak dahulu batu akik Gendaran yang menjadi trade mark Batu Akik Pacitan banyak dikenal di Indonesia, dan bahkan pemasarannya sudah sampai ke luar negeri.

“Biasanya para wisatawan bule itu mas yang sering membawa koleksi batu mulia ke sini atau ke pasar Sukodono. Namun tak jarang juga mereka memborong batu akik di tempat wisata langsung, seperti di Goa Gong, Goa Tabuhan, atau Pantai Watukarung. Kalau kesini keunggulannya harganya bisa lebih murah karena di sentra produksinya langsung,” pungkasnya.

Reporter/Foto : Dwi Purnawan