Festival Reog Ponorogo 2013, Singo Manggolo Juara Nasional

oleh -11 Dilihat
Tari Reog
Tari Reog
Tari Reog
Tari Reog

Pacitanku.com, PONOROGO—Paguyuban Reog Ponorogo Singo Manggolo dai Kabupaten Wonogiri terpilih sebagai juara umum Festival Reog Nasional (FRN) XX  tahun 2013. Piala juara FRN XX 2013 langsung diserahkan kepada sang juara saat penutupan Grebeg Suro dan FRN 2013, Senin (4/11) malam WIB di panggung utama alun-alun Ponorogo, Jawa Timur.

Dalam perhelatan FRN 2013 ini, sebanyak 45 grup kesenian reog dari berbagai provinsi di Indonesia, 14 diantaranya merupakan perwakilan grup asal Ponorogo dan 31 lainnya berasal dari luar Kabupaten Ponorogo. Sedangkan, peserta terjauh berasal dari Jakarta dan Riau.

Selain acara penyerahan piala, puluhan ribu penonton yang menyemut di alun-alun Ponorogo ini dihibur berbagai penampilan. Salah satu diantaranya adalah tari asal Kalimantan, jathilan, dan berbagai kesenian khas ponorogo lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ponorogo Amin menegaskan jika acara Grebeg Suro yang ditandai 2 acara besar yakni FRN dan Larung Sesaji itu selalu menjadi ajang promosi Kabupaten Ponorogo dan ajang pengenalan budaya Ponorogo.

“Semua rangkaian acara itu akan membawa dampak positif terhadap potensi perekonomian warga Ponorogo. Tidak hanya pengenalan budaya dan kesenian reog Ponorogo di mata publik, akan tetapi juga menggugah mata dunia Internasional. Karena acara ini ajang promosi Kabupaten Ponorogo yang kaya akan budaya serta aset wisata dan UKM,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Walaupun acara FRN sudah sering dilaksanakan dan hampir setiap setahun sekali, akan tetapi antusiasme warga Ponorogo dan dari luar Ponorogo tetap berjubel dan membuat alun-alun Ponorogo dipenuhi puluhan ribu penonton. Tidak hanya itu, ratusan pedagang kali lima (PKL) dan penjual jasa mainan anak-anak semakin membuat acara yang menelan anggaran Rp 1,2 miliar selama sepekan itu, membuat semakin semarak dan merakyat.

Selain pengumuman juara FRN XX, Penutupan Grebeg Suro kali ini juga dimeriahkan dengan Grand Final Kakang Senduk 2013, Kirab Pusaka, Pawai Kendaraan Antik, Larung Risalah Doa (Larung Sesaji di Telaga Ngebel), wayang kulit dan juga berbagai acara pentas seni lainnya. 

Berikut 10 besar Festival Reog Nasional XX Tahun 2013 :

01) Kategori Piala: RANKING I

Nomor Penampilan: 35

Nama Group Reyog dan Alamat : SINGO MANGGOLO – KABUPATEN WONOGIRI

02) Kategori Piala: RANKING II

Nomor Penampilan: 37

Nama Group Reyog dan Alamat : GAJAH MANGGOLO – SMAN 1 PONOROGO

03) Kategori Piala: RANKING III

Nomor Penampilan: 20

Nama Group Reyog dan Alamat : TARUNO SURYO – SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

04) Kategori Piala: RANKING IV

Nomor Penampilan: 38

Nama Group Reyog dan Alamat: BANTARANGIN – DKI JAKARTA

05) Kategori Piala: RANKING V

Nomor Penampilan: 39

Nama Group Reyog Dan Alamat :PURBAYA – KOTA SURABAYA

06) Kategori Piala: RANKING VI

Nomor Penampilan: 30

Nama Group Reyog dan Alamat :SINGO MANGKU JOYO – PLN JAWA TIMUR

07) Kategori Piala: RANKING VII

Nomor Penampilan: 29

Nama Group Reyog dan Alamat : REYOG BRAWIJAYA – UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

08) Kategori Piala: RANKING VIII

Nomor Penampilan: 21

Nama Group Reyog dan Alamat : HIPERJS-1 SINGO YUDHO BUDOYO – KOTA SURABAYA

09) Kategori Piala: RANKING IX

Nomor Penampilan: 13

Nama Group Reyog dan Alamat : SOLAH WETAN – EXS PB. ARJOWINANGUN

10) Kategori Piala: RANKING X

Nomor Penampilan: 06

Nama Group Reyog dan Alamat :KRIDHO TARUNO – SMAN 2 PONOROGO