SBY : PLTU Sudimoro Untuk Pasokan Listrik Jawa-Bali

oleh -13888 views
PLTU (Dok Pacitanku)
PLTU (Dok Pacitanku)
PLTU (Dok Pacitanku)
PLTU (Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, SUDIMORO—Hari kedua kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Proyek-Proyek Infrastruktur di Pacitan. Acara berlangsung di Pusat Tenaga Listrik Tenaga Uap (PLTU) 1 Jawa Timur Pacitan, Pacitan, Jawa Timur, Rabu (16/10) pagi.

Dalam sambutannya, Presiden SBY mengapresiasi seluruh pihak yang turut mewujudkan pembangunan proyek-proyek di Pacitan ini. “Saya lahir di Pacitan, sekolah dari SD-SMA di Pacitan, dan setelah itu baru mengembara. Satu lagi kebanggaan Pacitan dibangun. Apresiasi saya sampaikan kepada seluruh pihak yang terus bekerja keras membangun daerah semakin maju,” ujar Presiden SBY.

SBY juga bercerita bahwa dulu hampir setiap tahun mengujungi daerah asalnya. Namun setelah menjadi seorang Presiden, lawatan ke Pacitan biasanya dilakukan sekali dalam dua tahun. “Saya minta masyarakat Pacitan untuk sabar, karena saya harus adil memerhatikan saudara-saudara kita di dearah lain di Indonesia. Ketika dua tahun sekali saya berkunjung ke sini, pasti selalu ada kemajuan. Terima kasih untuk semuanya,” SBY menambahkan.

Sementara itu, Menteri ESDM Jero Wacik dalam sambutannya menjelaskan, proyek PLTU Jatim 1 di Pacitan ini diharapkan mampu menopang pasokan listrik Jawa-Bali. Keberadaan PLTU ini juga akan mempercepat ekskalasi rasio elektrifikasi, termasuk angka elektrifikasi di kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa itu. “Kita optimis, pasokan daya listrik akan tercukupi,” kata Jero.

Selain PLTU 1 Pacitan, pada kesempatan ini juga diresmikan PLTU 2 Paiton, PLTU 1 Rembang, PLTU 3 Lontar, Gelanggang Olahraga (GOR) dan Stadion Pacitan, Masjid Agung Darul Falah Pacitan, dan proyek-proyek dari Kementrian Pekerjaan Umum.

Peresmian sejumlah proyek ini ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden SBY, didampingi sejumlah menteri KIB II, Dirut PLN Persero, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Presiden juga melakukan peninjauan di beberapa titik di PLTU 1 Pacitan.

Hadir pula Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Kehutanan Zulkilfli Hasan, Menteri PU Djoko Kirmanto, Mendikbud Muhammad Nuh, Menpora Roy Suryo, Menparekraf Mari Elka Pangestu, dan Ketua KEN Chairul Tandjung.

Sumber : presidenri.go.id

Foto: Dok Pacitanku