Karsa Menang Mutlak di Pacitan

oleh -13694 views
Karsa Menang
Karsa Menang

Pacitanku.com, PACITAN—Pasangan petahana calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) menang mutlak di Kabupaten Pacitan. Pasangan brengos ini memperoleh 70 persen suara.

Dalam rapat pleno terbuka KPUD Pacitan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur, siang tadi KarSa mendapatkan 202.517 ribu suara. Dan diposisi ke dua Khofifah Indar Parawansa-Herman Sumawireja (Berkah) hanya mampu meraih suara sebanyak 43.910 ribu atau 15,26 persen.

Sementara itu, pasangan Bambang DH-Said Abdulah hanya mampu mendapatkan 34.252, meskipun Pacitan merupakan kampung halaman BDH. Dan, pasangan independen Eggi Sudjana-Muhammad Sihat 7.052 suara (2,45%).

Dalam rapat pleno terbuka tersebut saksi dari pasangan Bambang DH-Said Abdullah, Rini Ambarwati sempat mempertanyakan tidak diberikannya formulir model C kepada sejumlah saksi-saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kenapa kemarin saat pemungutan suara saksi-saksi tidak diberikan formulir model C. Padahal sesuai aturan pihak KPU ataupun PPK harus memberikan formulir tersebut ke saksi-saksi tanpa kami harus meminta,” ucap Rini, Rabu (4/9/2013).

Menanggapi hal itu Ketua KPU Damhudi menegaskan permasalahan yang disampaikan oleh Rini bukan termasuk substansi. Sehingga tidak akan menyebabkan perubahan hasil pemungutan suara. Baik dari TPS sampai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Ini hanya kesalahan dalam penjumlahan. Diperbaiki, dan saksi-saksi sudah menerima,” tegasnya.

Penyataan senada juga disampaikan Katua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaslukab) Pacitan Berty Stevanus Rindengan. Menurutnya, komplain yang disampaikan beberapa pihak ketika pleno berlangsung bukan merupakan bentuk pelanggaran.

“Itu masukan bagi PPK agar ketika mengutip atau memasukkan data harus akurat. Tapi tidak mempengaruhi hasil,” terang dia.

Redaktur : Panji Munir

Sumber/Foto : berita jatim