Gurihnya Nasi Lodo Pacitan

oleh -13868 views
Nasi-Lodo
Nasi-Lodo

pacitanku.com, PACITAN–Mungkin namanya agak unik, namun ketika anda sudah merasakan sensasi rasanya yang berpadu dengan santan kelapa, lidah anda pasti akan memilih untuk bergoyang. Ya, seperti itulah rasa nasi lodo khas Pacitan. Nasi yang disajikan dengan tambahan berupa lalapan sambal tomat pedas, urap sayuran dan ayam masak santan ini akan terasa nikmat, apalagi saat anda dalam konsisi yang lapar dan capek, kenikmatan itu kian bertambah. Yang membuat anda semakin merasa nikmat adalah sajian nasi tersebut yang disajikan khas jawa sekali, yaitu disajikan dengan alas daun pisang.

Nasi lodo adalah makanan khas Pacitan yang merupakan kombinasi nasi uduk, santan, ayam goreng dan sambal pedas. Konsep nasi lodo yang menggunakan nasi uduk sebagai andalan utama, ditambah ayam dengan kuah santan membuat rasanya nikmat. Dengan konsep yang sedemikian unik, nasi lodo cocok untuk menu sarapan atau makan siang anda,

Cara pembuatan nasi Lodo pacitan adalah dengan memasukkan daging ayam kampung yang sudah dipanggang. Sebelum dimasukkan ke dalam kuah santan, daging ayam kampung tersebut terlebih dahulu dipanggang., kemudian kuah santan menjadi pelengkap lezatnya ayam itu.

Karena nasi yang digunakan adalah nasi uduk, maka nasi lodo akan langsung terasa gurihnya sejak pertama kali menyantap nasinya. Menggigit daging ayamnya, terasa ada sesuatu yang berbeda dengan aroma yang khas. Ternyata ayam ini terlebih dahulu dipanggang sebelum kemudian dimasak dalam kuah santan. Yang dipergunakan pun harus ayam kampung.

Ada yang khas dari makanan yang satu ini, yaitu penggunaan sari kelapa atau santannya yang banyak, mulai dari nasi uduknya dan kuah santannya. Tetapi anda jangan khwatir, walaupun mengandung lemak nabati jenuh yang dapat meningkatkan kadar Low-Density Lipoproptein (LDL) atau lebih dikenal dengan kolesterol, hal ini bisa segera di netralisir dengan anda meminum teh setelah makan.

Untuk lebih lezatnya saat mencicipi nasi Lodo, dengan menyiram daging ayam ini dengan kuah santan untuk menambah rasa gurihnya. Masakan ini sama sekali tak terasa pedas, karena cabai dimasukkan secara utuh ke dalam kuah. Bila Anda penggemar rasa pedas, Anda tinggal memilih antara menggigit cabai merah utuh ini atau menambahkan sambal tomat.

Nasi yang disajikan dengan tambahan berupa lalapan sambal tomat pedas, urap sayuran dan ayam masak santan ini akan terasa nikmat, apalagi ketika anda dalam kondisi yang lapar dan capek, kenikmatan itu kian bertambah. Yang membuat anda semakin merasa nikmat adalah sajian nasi tersebut yang disajikan khas jawa sekali, yaitu disajikan dengan alas daun pisang. Dengan tampilan seperti itu siapa yang tidak tergoda untuk mencicipinya. Nasi Lodo ini bisa anda dapatkan di Kota Pacitan, di sekitar wilayah Teleng Ria Pacitan dengan harga sesuai dengan rasa yang sangat lezat tersebut.

Redaktur : Panji Munir