Kembangkan Wisata Lokal, Banjarnegara Gelar Festival Serayu

oleh -13662 views
ARung jeram menjadi penghias festival serayu Banjar foto tajuk Dwi(1)
ARung jeram menjadi penghias festival serayu Banjar foto tajuk Dwi(1)

Pacitanku.com, BANJARNEGARA—Sebagai upaya untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Banjarnegara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara menggelar Festival Serayu selama satu pekan. Festival Serayu akhirnya ditutup dengan puncak acara pesta Parak Iwak sebagai puncak festival, selasa kemarin.

Sejak pagi, sekitar pukul 08.00 WIB, pesta parak iwak didahului pengambilan ikan di tujuh telaga di Dieng Batur Banjarnegara. Di antaranya Telaga Merdada, Telaga Bale Kambang, Telaga Pengilon, Sewiwi, Warna, Cebong, Sendang Sedayu. Ikan –ikan tersebut dimasukkan ke bokor di bawa ke bawah, dengan rute Dieng Batur, Wanayasa, Karangkobar, Banjarmangu, dan disemayamkan di kecamatan Madukara.

Cuplikan gambaran festival Parak iwak tersebut sekaligus menandai ditutupnya acara yang baru digelar tahun ini tersebut, setelah sebelumnya di dahului dengan berbagai agenda.

“Selain Parak Iwak, ada juga parade nusantara 24 Agustus, Gelar Seni 24-31 Agustus, ada juga serayu Expo yang digelar 28-31 Agustus, dan agenda Banjarnegara Bersholawat yang menghadirkan habib terkemuka pada akhir agustus mendatang,” terang Enra Riesti Shonhab, salah satu peserta festival Serayu.

Agenda Parak Iwak tersebut juga dihadiri beberapa tokoh, diantaranya Menteri Kelautan Indonesia, dan juga tokoh lokal Bupati Sutejo Slamet Utomo dan wakil bupati Hadi Supeno.

Rencananya, Festival Serayu dengan berbagai Agenda tersebut akan mulai digalakkan setiap tahunnya, dan tahun ini adalah kali pertama festival tersebut dilaksanakan.

“Pariwisata Banjarnegara sedang bagus-bagusnya, sehingga festival serayu ini prospek untuk terus digalakkan setiap tahunnya,” pungkas fotografer dan juga alumni Universitas Diponegoro ini.

Redaktur : @dwi_ituddua

Foto : Enra