Ini Dia Bandara Paling Aneh di Dunia

oleh -13533 views
bandara
bandara

Pacitanku.com, GISBORNE—Dengan ilmu pengetahuan, orang bisa melakukan apa saja yang dikehendaki, termasuk mungkin hal – hal yang nyeleneh dan unik. Salah satunya adalah fenomena keberadaan  beberapa bandara yang unik dan aneh di dunia.

Bandara yang terletak di Gibraltar tersebut memiliki landasan pacu yang terpisahkan jalan raya. Setiap kendaraan yang akan melewati jalan raya tersebut harus berhenti tatkala pesawat akan mendarat atau lepas landas.

Yang unik, jalur rel kereta api tersebut masih resmi beroperasi. Begitu pula dengan bandara yang buka sejak pukul 06.30 hingga 20.30. Namun, bandara biasanya ditutup hingga pagi hari.

Dengan kondisi tersebut, pihak bandara pun memiliki tugas berat dalam mengelola pendaratan dan lepas landas serta menyesuaikannya dengan jadwal kereta api. Tak jarang, kereta api atau pesawat harus berhenti hingga salah satu di antara mereka lewat.

Nah, bandara unik tak hanya bisa ditemui di Gibraltar saja. Sebuah bandara kecil bernama Gisborne Airport di Selandia Baru, memiliki jalur rel kereta yang terletak di antara landasan pacu.

Airport Gisborne adalah bandara kecil di pinggir laut Selandia Baru. Keunikan bandara ini memiliki lintasan rel kereta api dan melintang di landasan. Luas airport Gisborne  sekitar 160 hektar, terdiri dari 3 landasan pacu rumput dan satu lagi landasan utama. Landasan utama tersebut melintang di jalur kereta.

Tidak hanya airport Gisborne. Satu lagi bandara di Wynyard di Tasmania memiliki lintasan kereta api di landasan. Dan jalur kereta di Wynyard sudah ditutup tahun 2005 karena kurang diminati.

Di Gisborne, jalur kereta dan digunakan untuk pendaratan pesawat. Dilintasi antara jam 6 pagi sampai jam 8 malam. Penumpang disana bandara Gisborne tidak banyak. Hanya melayani 60 penerbangan domestik dengan jumlah penumpang 150 ribu orang setiap tahun.

Redaktur : Dwi Purnawan

Foto : AmuzingPlanet